Tuesday, August 6, 2019

Tips Meredakan Sakit Punggung Usai Melahirkan

Tips Meredakan Sakit Punggung Usai Melahirkan


Melahirkan merupakan moment yang sangat membahagiakan sekaligus menantang. Setelah selama Sembilan bulan mengandung dengan berbagai kesulitannya, sudah saatnya sang buah hati keluar dan melihat dunia luas. Tetapi, sebelum bayi dapat melihat dunia luas, ada satu proses lagi yang harus dilewati yaitu tahap persalinan. Tahap persalinan merupakan tahap yang paling menegangkan bagi seorang wanita, karena pada tahap ini seorang wanita akan merasakan sakit yang luar biasa, yang setara dengan beberapa tulang rusuk yang dipatahkan secara bersamaan. Setelah sang buah hati berhasil lahir kedunia, rasa sakit itupun sirna dan berubah menjadi kebahagiaan. Tetapi, masih ada satu jenis rasa sakit yang akan terasa, yaitu sakit punggung.

Perubahan pada tubuh selama kehamilan dapat merubah postur tubuh seorang wanita sehingga memberikan beban tambahan pada punggung. Sendi dan ligament juga melemah akibat hormone yang terus berubah. Faktor - faktor inilah yang akhirnya menyebabkan sakit punggung saat hamil bahkan setelah melahirkan. Proses bersalin melibatkan banyak otot tubuh yang biasanya tidak digunakan, terutama bila persalinan memakan waktu lama. Tekanan pada sendi, otot - otot yang nyeri, serta kelelahan akibat persalinan dapat semakin memperburuk kondisi anda. Rasa nyeri atau sakit yang terjadi pada punggung setelah melahirkan biasanya dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah melahirkan.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan sakit punggung setelah melahirkan, yaitu :

1. Olahraga ringan

Ketika anda mengalami sakit punggung pasca melahirkan, anda dapat melakukan olahraga ringan untuk mengatasinya. Salah satu olahraga ringan yang dapat anda lakukan adalah berjalan - jalan santai ditaman sambil menghirup udara segar. Lakukan perlahan dan rutin pada minggu - minggu pertama setelah melahirkan selama beberapa minggu pertama. Anda juga bisa memulai latihan untuk menguatkan otot punggung dan perut. Cobalah lakukan latihan peregangan lembut seperti yoga, dan pastikan untuk menghindari posisi yang terlalu tinggi atau ekstrem.

2. Jaga posisi tubuh

Perhatikan posisi tubuh anda saat anda sedang menyusui bayi anda. Pilihlah kursi yang nyaman dengan sandaran tangan dan gunakan banyak bantal untuk member dukungan ekstra pada punggung dan lengan anda.

3. Perawatan diri secara umum



Meredakan rasa sakit atau nyeri pada punggung anda dapat dilakukan dengan beberapa hal dalam merawat diri, seperti :
  • Mandi air hangat.
  • Kompres air hangat atau air dingin pada area yang sakit.
  • Pijatan lembut dapat menengangkan otot yang tegang, bahu yang tegang, dan meredakan nyeri punggung.
  • Pelajari teknik relaksasi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search