Tuesday, August 6, 2019

Waspadai Penyakit Servisitis Yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Waspadai Penyakit Servisitis Yang Sering Menyerang Ibu Hamil


Masa kehamilan merupakan masa - masa paling rentan bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Banyak sekali penyakit atau masalah kesehatan yang mengintai dan dapat membahayakan kesehatan para ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mengintai ibu hamil adalah penyakit servisitis. Penyakit servisitis merupakan peradangan yang terjadi pada leher rahim wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan, keluarnya nanah, dan lendir pada leher rahim. Servisitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada serviks atau rahim seorang wanita dan biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus.

Kondisi servisitis paling sering terjadi disebabkan karena adanya infeksi menular seksual (IMS). Infeksi pada serviks inilah yang sering menjadi penyebab atau pemicu terjadinya infeksi HIV. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan kandungannya pada masa awal kehamilan untuk mendeteksi ada atau tidak adanya kemungkinan IMS termasuk kemungkinan infeksi HIV. 


Jika penyakit sevisitis tidak segera diobati ketika sedang dalam masa kehamilan, maka akan menyebabkan beberapa kondisi, diantaranya adalah :
  • Kelahiran premature
  • Keguguran
  • Infeksi pada mata dan paru - paru bayi yang baru lahir

Mengatasi penyakit sevisitis pada wanita hamil memerlukan penanganan khusus, karena wanita hamil dilarang menggunakan beberapa jenis obat seperti doksisiklin, ofloxacin, dan levofloxacin. Dokter biasanya akan meresepkan pengobatan servisitis pada ibu hamil dengan beberapa obat antibiotic seperti azithromycin dan amoksisilin 500 mg selama 3 kali sehari untuk penggunaan dosis selama 7 hari. Mengingat dampak penyakit servisitis cukup berpengaruh terhadap perkembangan dan keselamatan janin, maka anda perlu melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit servisitis.


Berikut ini merupakan tips untuk mencegah penyakit servisitis, yaitu :
  • Menggunakan kondom lateks pada saat berhubungan seksual. Selain dapat menurunkan peluang terjadinya kehamilan, memakai kondom saat berhubungan badan juga dapat mencegah terjadinya penularan IMS.
  • Menjaga kebersihan organ intim anda. Usahakan agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait dengan produk kebersihan yang tepat.
  • Menghindari konsumsi alkohol dan obat - obatan saat berhubungan intim. Selain dapat membahayakan kesehatan janin, kebiasaan tersebut juga dapat membuat anda lupa untuk memakai kondom saat berhubungan.
  • Tidak menggunakan produk pembersih daerah kewanitaan. Hal ini kemungkinan dikarenakan produk permbersih daerah kewanitaan dapat membuat vagina dan serviks anda mengalami iritasi.
  • Menghindari berhubungan badan dengan orang yang menderita IMS.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search