Tuesday, August 6, 2019

Mengenal Manfaat kolostrum Bagi Bayi

Mengenal Manfaat kolostrum Bagi Bayi


Mungkin sebagian orang masih jarang mendengar kata kolostrum. Lalu, apa itu kolostrum ? kolostrum adalah air susu pertama yang dikeluarkan payudara ibu pada masa kehamilan. Warna kolostrum berbeda dengan warna ASI pada umumnya, yaitu memiliki warna yang cenderung kekuningan dan lebih kental. Kolostrum atau ASI pertama merupakan ASI dengan kualitas terbaik yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Hal ini dikarenakan kolostrum mengandung antibody dan immunoglobulin yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI pertama ini memang dipersiapkan sebagai asupan pertama bagi bayi, sehingga kandungan gizinya tak perlu diragukan lagi.

Perut bayi yang baru lahir, masih sangat lemah dan rentan. Sehingga, kolostrum merupakan makanan pertama yang tepat untuk mengisi perut mungilnya. Hal ini karena kolostrum sangat mudah dicerna oleh perut dan organ pencernaan bayi yang baru lahir. Kolostrum mengandung kadar protein yang tinggi, vitamin larut lemak, mineral, antioksidan, dan immunoglobulin. Immunoglobulin adalah antibody yang didapat bayi dari ibu dan memberikan imunitas pasif pada bayi. Imunitas pasif ini dapat melindungi bayi dari bahaya penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Kolostrum secara alami juga bersifat laksatif yang dapat melancarkan pencernaan bayi yang baru lahir.

Salah satu jenis immunoglobulin yang terdapat pada kolostrum adalah immunoglobulin A. Immunoglobulin A berperan untuk memberikan kekebalan atau imunitas pasif maupun aktif pada bayi yang baru lahir. Fungsi spesifik dari immunoglobulin A adalah melindungi permukaan mukosa dan mencegah pathogen - pathogen dari luar menempel pada permukaan mukosa tersebut. Immunoglobulin A bekerja pada sistem pencernaan terutama untuk melindungi bayi dari infeksi gastrointestinal. 


Berikut ini merupakan beberapa manfaat  kolostrum bagi bayi, yaitu :
  • Membantu menguatkan sistem imun pada bayi yang baru lahir.
  • Membentuk lapisan pada perut bayi yang dapat mencegah menempelnya pathogen penyebab penyakit seperti bakteri dan virus.
  • Bersifat laksatif sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan bayi untuk mengeluarkan meconium (feses pertama yang berwarna gelap).
  • Membantu mencegah sakit kuning pada bayi dengan cara mengeluarkan zat - zat sisa yang berbahaya dari tubuh bayi.
  • Memberikan zat gizi yan gcukup dan dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, mata, dan jantung bayi.
  • Memiliki kandungan protein yang tinggi dan berkualitas, rendah gula, kaya akan lemak baik dan vitamin.
  • Jumlah kandungan zat gizinya pas dan sesuai untuk bayi sehingga mudah dicerna oleh perut bayi yang baru lahir.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search