Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Obat Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Ketahui Obat Pilek Yang Aman Untuk Ibu Hamil


Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat ketika sedang mengalami masalah kesehatan, walaupun itu maslaah kesehatan sepele seperti pilek. Hal ini dikarenakan ibu hamil sangat rentan mengalami gangguan kesehatan dan terjadinya efek samping akibat obat yang dikonsumsi. Hal tersebut tentunya dapat berdampak buruk baik pada kesehatan ibu hamil itu sendiri, maupun kesehatan dan keselamatan janin yang ada didalam kandungannya. Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang ibu hamil adalah pilek. Ibu hamil rentan terkena pilek karena perubahan hormone tubuhnya cenderung melemahkan sistem imun. Terlebih lagi jika sudah memasuki musim hujan. Tetapi ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat karena kandungan zat tertentu yang ada didalam obat dapat berisiko terhadap janin yang ada didalam perut.

Sebisa mungkin anda harus menghindari beberapa obat non resep tertentu, terlebih lagi jika usia kehamilan anda masih kurang dari 12 minggu. Hal ini karena pada 12 minggu pertama kehamilan merupakan periode kritis dalam perkembangan organ vital janin. Salah mengkonsumsi obat dapat membahayakan kondisi janin anda. Pastikanlah anda selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi obat apapun dan setiap kali merasa ada yang tidak biasa yang terjadi pada tubuh anda.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat pilek yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu :

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat pereda nyeri yang meringankan gejala penyerta pilek seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pegal - pegal. Paracetamol termasuk obat pilek yang aman dikonsumsi ibu hamil. Anda dapat mendapatkan obat paracetamol di apotek, toko obat, dan swalayan terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter.

2. Obat antihistamin

Obat antihistamin seperti diphenhydramine dan chlorpheniramine tergolong aman untuk mengobati pilek yang terjadi pada ibu hamil. Kedua obat tersebut juga efektif untuk melegakan hidung dan meredakan tenggorokan gatal, bersin - bersin, serta mata berair. Namun, kedua obat ini dapat menyebabkan kantuk sehingga sebaiknya diminum sebelum tidur.

3. Obat espektoran

Terkadang ibu hamil juga mengalami pilek disertai batuk berdahak. Salah satu obat yang aman digunakan oleh ibu hamil untuk mengatasi kondisi tersebut adalah obat espektoran, karena obat espektoran mengandung guaifenesin yang dapat mengatasi dua gejala tersebut. Guaifenesin bekerja dengan cara mengencerkan dan melembutkan lendir disaluran pernapasan sehingga anda bisa bernapas lebih lega.

Selain dengan mengkonsumsi obat - obatan, ibu hamil sebaiknya memperbanyak istirahat dan rutin minum air putih untuk memulihkan kondisi badan.


Beberapa cara alami berikut ini juga dapat membantu ibu hamil untuk meredakan pilek, yaitu :
  • Berkumur dengan air garam hangat.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Pakai humidifier.
  • Menghirup uap panas.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search