Wednesday, August 21, 2019

Ketahui Ragam Mikronutrien Yang Harus Dipenuhi Ibu Menyusui

Ketahui Ragam Mikronutrien Yang Harus Dipenuhi Ibu Menyusui


Menyusui merupakan masa - masa emas bagi pertumbuhan seorang anak. Ketika menyusui, zat - zat gizi yang berasal dari tubuh ibu disalurkan kedalam tubuh anak melalui air susu ibu dan dapat diserap secara optimal oleh anak. Untuk itulah, seorang ibu harus selalu memperhatikan makanan dan berbagai zat gizi yang masuk kedalam tubuhnya, supaya ASI yang dihasilkan berkualitas baik dan bergizi tinggi. Salah satu hal yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui adalah beragam mikronutrien yang dapat menambah nilai gizi pada air susu yang dihasilkan ibu. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu mikronutrien, peranan mikronutrien, dan beragam mikronutrien yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui.

Mikronutrien dalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Meskipun dalam jumlah kecil, zat gizi tersebut tetap penting untuk menjalankan semua fungsi tubuh, tetapi tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Mikronutrien itu sendiri terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak bisa dibuat oleh tubuh tetapi bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan. Meskipun mikronutrien hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil , keberadaanya dalam tubuh sangat esensial. Kekuranganmikronutrien tertentu dapat mengakibatkan berbagai masalah serius pada kesehatan tubuh.


Berikut ini merupakan beberapa jenis mikronutrien yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, yang adalah :

1. Kalsium

Banyak ibu menyusui yang tidak memperhatikan bahkan tidak menyadari kebutuhan asupan kalsium mereka. Hal ini dikarenakan produk susu yang kaya akan kalsium tidak dianggap sebagai menu utama makanan. Padahal, ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium harian sebesar 1200 mg. Asupan kalsium yang rendah sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada konsentrasi kalsium yang terkandung didalam ASI, tetapi akan berpengaruh terhadap kepadatan tulang. Tidak ada salahnya jika anda berusaha untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian dari makanan yang anda konsumsi sehari - hari seperti susu, keju, yoghurt, ikan, tahu, brokoli, dan lobak hijau.

2. Zinc

Sebuah penelitian di brazil menemukan bahwa 7 wanita dengan asupan zinc harian sebesar 8,4 mg per hari, 59 sampai 84 persennya diserap lebih tinggi oleh tubuh. Meskipun tidak ada bahaya jika asupan zinc kurang, anda harus tetap memenuhi kebutuhan zinc selama masa menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI anda. Berikut ini merupakan beberapa sumber makanan yang mengandung zinc yaitu daging sapi, daging ayam, makanan laut, yoghurt, dan kacang polong.

3. Magnesium


Saat menyusui, tubuh memerlukan dua sampai tiga kali lebih banyak asupan magnesium, dan tubuh akan menyerap magnesium 50% lebih tinggi pada masa ini. Seperti dilansir dari baby center, wanita menyusui yang berusia 19 - 30 tahun membutuhkan asupan magnesium harian sebesar 310 mg. Sedangkan wanita menyusui yang berusia 31 tahun keatas membutuhkan asupan magnesium harian sebesar 320 mg. Anda dapat memperoleh asupan magnesium dari kacang - kacangan, biji - bijian, sayuran yang berwarna hijau, kerang, serta tiram.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search