Tuesday, August 13, 2019

Mengenal Manfaat Air Tajin Bagi Bayi

Mengenal Manfaat Air Tajin Bagi Bayi


Air tajin merupakan cairan putih yang dapat kita peroleh ketika kita sedang memasak beras. Karena mengandung partikel beras, maka air tajin juga kaya akan karbohidrat. Air tajin biasanya diberikan kepada bayi sebagai pengganti susu pada keluarga miskin diberbagai pelosok nusantara. Walaupun air tajin kaya akan kandungan zat gizi, namun kandungannya masih dibawah susu hewani, susu nabati, apalagi air susu ibu yang tidak tergantikan. Air tajin juga dianggap sangat baik untuk membantu mengatasi dehidrasi pada bayi ketika mengalami diare. Kandungan yang ada didalam air tajin diantaranya enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan vitamin E. Selain itu, air tajin juga mengandung mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh bayi.

Sejak zaman dahulu, banyak orang tua yang memberikan air rebusan beras atau air tajin untuk menyapih atau memperkenalkan bayi pada makanan padat, seperti bubur atau nasi.



Berikut ini merupakan beberapa manfaat air tajin untuk kesehatan bayi, yaitu :

1. Mengobati diare pada bayi

Diare sangat sering terjadi pada bayi. Penyakit ini terjadi akibat usus bergerak secara berlebihan dan menyebabkan bayi buang air secara terus menerus hingga lebih dari 4 kali bahkan sampai 6 kali. Jika tidak segera diatasi, penyakit diare dapat menyebabkan bayi menjadi lemah dan mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Salah satu obat alami yang dapat mengatasi diare pada bayi adalah air tajin. Air tajin mengandung serat, natrium, dan karbohidrat yang mempu mengurangi gerakan usus. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada air tajin juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga dapat mencegah dehidrasi. Berkurangnya gerakan usus dan tergantinya asupan cairan tubuh bayi inilah yang membuat gejala diare menjadi lebih ringan dan bayi kembali sehat serta bertenaga.

2. Menjaga kulit bayi tetap sehat

Walaupun jumlahnya tidak sebanyak beras, air tajin juga tetap mengandung beberapa jenis vitamin B seperti tiamin dan riboflavin. Kedua vitamin tersebut juga dikenal dengan sifat antioksidannya yang dapat memperlancar sirkulasi darah pada sel - sel kulit. Hal ini tentunya dapat membantu regenerasi kulit dan membuatnya tampak segar dan kencang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak dari air rebusan beras mengandung asam ferulik, gamma oryzanol, asam fitat yang sering ditambahkan dalam kosmetik dan beberapa obat kulit. Meski demikian, anda jangan langsung tergiur menggunakan air tajin sebagai perawatan kulit bayi, Karena kulit bayi masih sangat sensitive.

3. Menjaga kesehatan rambut


Meski jarang, masalah rambut bukan tidak mungkin dapat terjadi pada bayi. Supaya kesehatan rambut tetap terjaga, anda dapat menggunakan air tajin untuk perawatan rambut bayi. Kandungan inositol pada air tajin dapat memperkuat rambut, mencegah rambut bercabang, dan kerusakan lainnya pada rambut.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search