Wednesday, August 28, 2019

Tips Menyembuhkan Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Tips Menyembuhkan Kaki Bengkak Setelah Melahirkan


Saat masa hamil, tubuh wanita biasanya mengalami pembengkakan. Bukan hanya bagian perut saja yang mengalami pembengkakan saat hamil, tetapi bagian wajah, tangan, hingga kaki pun turut mengalami pembengkakan selama hamil. Bahkan setelah melahirkan pun, hanya bagian perut saja yang sudah tidak mengalami pembengkakan. Sedangkan bagian lainnya seperti wajah, tangan, maupun kaki masih mengalami pembengkakan. Terkadang wanita merasa tidak percaya diri jika tubuhnya terkesan menjadi lebih besar atau gemuk setelah melahirkan.

Salah satu pembengkakan yang sering terlihat setelah melahirkan dan dinilai cukup mengganggu adalah pembengkakan pada bagian kaki. Kondisi ini disebut dengan pembengkakan postpartum atau pembengkakan pasca melahirkan. Selama masa kehamilan, tubuh menyimpan cairan dalam jumlah yang cukup banyak guna menjaga bayi yang ada didalam kandungannya. Hal inilah yang membuat volume darah mengalami peningkatan, bahkan bisa mencapai hampir 50 persen. Normalna, setelah anda melahirkan, sejumlah cairan tersebut berangsur - angsur keluar melalui urine dan keringat. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, cairan yang ada didalam pembuluh darah bisa keluar menuju jaringan tubuh, sehingga memicu pembengkakan (edema).

Pembengkakan setelah melahirkan atau postpartum dapat terjadi pada kelahiran dengan metode persalinan  apapun. Baik itu persalinan normal melalui vagina, maupun melalui operasi caesar. Biasanya, pembengkakan akan hilang dalam kurun waktu sekitar 1 minggu. Akan tetapi, kondisi ini dapat berlangsung lebih lama bila anda juga memiliki masalah kesehatan tertentu seperti preeclampsia dan tekanan darah tinggi saat hamil. Agar kondisi kaki yang bengkak setelah hamil dapat segera membaik dan tidak bertambah parah, usahakan agar sirkulasi darah dalam tubuh mengalir dengan lancar.


Berikut ini merupakan upaya yang dapat anda lakukan untuk menjaga lancarnya sirkulasi darah dan untuk mengecilkan kaki yang bengkak setelah melahirkan, yaitu :

1. Hindari berdiri terlalu lama

Ketika kaki anda masih dalam kondisi bengkak usai melahirkan, sebaiknya anda hindari berdiri dalam waktu yang lama. Jika anda diharuskan utnuk berdiri, usahakan agar meluangkan waktu untuk duduk dan beristirahat sesekali. Sebaiknya jangan menyilangkan kaki atau menopang satu kaki diatas kaki lainnya saat ini. Hal ini di karenakan menyilangkan kaki saat duduk dapat menghambat aliran darah, sehingga tidak memperbaiki kaki yang bengkak.

2. Letakkan kaki ditempat yang lebih tinggi

Terlalu banyak berdiri juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukkan cairan pada kaki. Oleh karena itu, anda dapat mencoba untuk mengangkat kaki dan meletakkannya ditempat yang lebih tinggi untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan.

3. Lakukan olahraga ringan


Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan dapat menjadi salah satu cara untuk memulihkan kaki yang bengkak setelah melahirkan. Penumpukkan cairan yang terjadi pada kaki anda dapat berkurang karena olahraga menghasilkan keringat dan cairan yang ada di kaki anda akan keluar bersamaan dengan keringat anda. Hal ini juga sekaligus dapat memperlancar peredaran darah didalam tubuh.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search