Wednesday, August 21, 2019

Tobramycin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri

Tobramycin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri


Banyak sekali jenis bakteri yang bertebaran di dunia ini. Ada bakteri yang bermanfaat tetapi lebih banyak bakteri yang tidak bermanfaat atau dapat menimbulkan penyakit. Bakteri biasanya masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan, minuman, atau udara serta dapat menyebabkan berbagai infeksi yang menyebabkan penyakit. Untuk mengobati penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan menggunakan obat antibiotic. Antibiotic merupakan golongan obat yang khusus dan ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri adalah tobramycin. Tobramycin merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tobramycin termasuk kedalam kelas obat yang dikenal sebagai antibiotic aminoglikosida. Obat ini diberikan melalui suntikan kedalam pembuluh darah atau otot seperti yang diarahkan oleh dokter, biasanya setiap 8 jam. Dosis yang diberikan didasarkan pada kondisi medis anda, berat badan, dan respon anda terhadap pengobatan yang dilakukan. Tes laboratorium dapat dilakukan untuk membantu menemukan dosis yang tepat untuk anda.

Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh anda berada pada tingkat yang konstan dan stabil. Oleh karena itu, konsumsilah obat ini dalam waktu yang sama setiap hari. Teruslah gunakan obat ini sampai jumlah yang ditentukan selesai, bahkan jika gejala telah hilang setelah beberapa hari. Penghentian pengobatan yang terlalu dini dapat memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh serta dapat menyebabkan infeksi kembali terjadi. Tobramycin merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan, Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.



Dosis tobramycin untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk bakteremia :
  •  Infeksi serius : 1 mg/kg intravena setiap 8 jam.
  •  Infeksi yang mengancam nyawa : 5 mg/kg/hari diberikan melalui intravena dalam 3 atau 4 dosis yang sama. Namun dosis harus segera dikurangi menjadi 3 mg/kg/hari sesegera mungkin dari indikasi klinis.

Dosis dewasa untuk infeksi intraabdominal :
  • Infeksi serius : 1 mg/kg intravena setiap 8 jam.
  • Infeksi yang mengancam nyawa : 5 mg/kg/hari diberikan melalui intravena dalam 3 atau 4 dosis yang sama.
Dosis dewasa untuk osteomielitis :
  • Infeksi serius : 1 mg/kg intravena setiap 8 jam.
  • Infeksi yang mengancam nyawa : 5 mg/kg/hari diberikan melalui intravena dalam 3 atau 4 dosis yang sama. Namun dosis harus segera dikurangi menjadi 3 mg/kg/hari sesegera mungkin dari indikasi klinis.


Dosis tobramycin untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk infeksi bakteri :
  • Neonatus jangka penuh premature atau usia 1 minggu atau kurang : 4 mg/kg/hari diberikan secara intravena dalam 2 dosis yang sama setiap 12 jam.
  • Lebih dari usia 1 minggu : 6 - 7,5 mg/kg/hari secara intravena dalam 3 sampai 4 dosis terbagi.
Dosis anak - anak untuk cystic fibrosis :
  • 2,5 mg/kg secara intravena setiap 6 jam.


Efek samping

Berikut ini merupakan beebrapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat antibiotic tobramycin yaitu :
  • Sakit kepala
  • Kekurangan energi
  • Ruam ringan atau gatal - gatal
  • Mual, muntah, dan diare
  • Nyeri dimana obat disuntikkan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search