Tuesday, September 24, 2019

Buscopan : Obat Untuk Mengatasi Nyeri Dan Kram Pada Perut

Buscopan : Obat Untuk Mengatasi Nyeri Dan Kram Pada Perut


Pernahkah anda merasakan kram ? Tentunya terasa sakit bukan main saat salah satu anggota tubuh anda terkena kram. Kram biasanya terjadi pada bagian kaki, tangan, dan perut. Kondisi kram dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian yang mengalami kram. Kram sendiri merupakan kondisi pengerutan yang terjadi pada otot yang muncul secara tiba - tiba dan dapat menyebabkan nyeri. Pada pria, kram umumnya menyerang kaki para pemain sepak bola, atau menyerang tangan pada atlet bulu tangkis maupun atlet binaraga. Sedangkan pada wanita, kram biasanya terjadi pada bagian perut terutama pada wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Kram bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa detik, menit, atau jam tergantung dari kontraksi yang terjadi.

Umumnya, saat seseorang terkena kram pada salah satu anggota tubuh, maka anggota tubuh yang mengalami kram akan terasa sakit sekali. Untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan, biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengatasinya. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi nyeri dan kram khususnya yang terjadi pada bagian perut adalah buscopan. Buscopan merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi dan meredakan kram serta nyeri yang terjadi pada bagian perut. Buscopan mengandung zat hyoscine butylbromide yang termasuk kedalam golongan obat antipasmodik, yaitu obat yang berfungsi sebagai pereda kram otot.


Obat ini mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan, seperti :
  • Mengurangi gejala irritable bowel syndrome (IBS), seperti mengatasi kram perut dan mengobati diare yang terjadi terus - menerus.
  • Mengatasi kram pada saluran kencing.
  • Mengatasi kram perut yang terjadi karena berbagai hal.


Buscopan tersedia dalam bentuk tablet dan suntukan atau injeksi. Untuk penggunaan tablet, sebaiknya langsung ditelan dengan air, jangan dihisap ataupun dikunyah. Sementara untuk buscopan tipe injeksi atau suntikan, akan diberikan dokter jika anda memerlukannya. Buscopan jenis tablet dapat dikonsumsi jika gejala nyeri perut muncul dan dapat diminum sebelum atau setelah makan. Sementara, untuk tablet khusus IBS, hanya boleh dikonsumsi jika anda benar -  benar dinyatakan oleh dokter mengalami gangguan tersebut. Buscopan merupakan salah satu jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis buscopan untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk kram perut : 2 tablet, diminum 4 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk IBS : 1 tablet, 3 kali sehari.


Dosis buscopan untuk anak - anak
  • Untuk anak usia diatas 12 tahun : 2 tablet 4 kali sehari.
  • Untuk anak usia 6 - 12 tahun : 1 tablet, 3 kali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat buscopan juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping dari obat buscopan. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat buscopan, yaitu :
  • Mulut kering
  • Sembelit
  • Timbul rasa mual




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search