Tuesday, September 10, 2019

Cabergoline : Obat Untuk Mengurangi Kadar Prolaktin Dalam Tubuh

Cabergoline : Obat Untuk Mengurangi Kadar Prolaktin Dalam Tubuh


Di dalam tubuh manusia, terdapat beberapa macam hormon dan dengan fungsi yang berbeda - beda, salah satunya adalah hormon prolaktin. Hormon prolaktin merupakan hormon utama yang berperan dalam memproduksi ASI. Keberadaan hormon prolaktin didalam tubuh juga menjadi tolak ukur tingkat kesuburan seseorang. Keberadaan hormon prolaktin memang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas ASI, tetapi jika kadar hormon prolaktin didalam tubuh terlalu banyak, juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan terutama berkaitan dengan seks dan kesuburan.

Prolaktin adalah hormon yang bertugas memberi sinyal kepada tubuh untuk memproduksi ASI mulai dari masa kehamilan akhir hingga masa menyusui. Meskipun hormon prolaktin sangat erat kaitannya dengan wanita, tetapi ternyata hormon prolaktin juga ada didalam tubuh pria, meskipun dengan kadar yang lebih rendah. Hormon prolaktin pada wanita yang sedang tidak hamil ataupun menyusui terbilang rendah, yaitu sekitar 25 nanogram per millimeter. Sedangkan pada pria hanya sekitar 17 nanogram per millimeter. Ketika memasuki masa kehamilan, kadar hormon prolaktin pada wanita meningkat menjadi 20 kali lipat dari kadar normalnya.

Selain hormon prolaktin, hormon insulin juga ikut berperat dalam produksi ASI normal. Fungsi hormon insulin adalah untuk membantu proses pengeluaran susu ke puting. Selain untuk meningkatkan produksi ASI, ternyata hormon prolaktin juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Pada wanita, hormon prolaktin berperan untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur siklus haid, dan mengatur kadar cairan tubuh. Sedangkan pada pria, hormon prolaktin memiliki manfaat yaitu dalam mendorong produksi sperma.

Tingginya kadar prolaktin pada wanita dapat menyebabkan gejala seperti keluarnya ASI yang tidak diinginkan dan terlewatnya periode menstruasi yang dapat menyebabkan kesulitan hamil. Sedangkan jika kadar prolaktin pada pria terlalu tinggi, dapat menyebabkan beberapa gejala seperti payudara membesar dan penurunan kemampuan atau keinginan seksual. Salah satu obat yang dapat mengatasi masalah kelebihan hormon prolaktin adalah cabergolin. Cabergolin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi tingginya tingkat hormon prolaktin dalam tubuh anda. Obat ini dikenal sebagai hiperprolaktinemia atau obat yang berfungi untuk mengurangi tingkat kadar prolaktin dalam tubuh. Cabergoline termasuk kedalam kelas obat yang disebut reseptor dopamine agonis. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kadar prolaktin dalam tubuh. Cabergoline juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson.


Dosis cabergoline untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk hiperprolaktinemia :

  • Dosis awal : 0,25 mg secara oral 2 kali seminggu. Dosis dapat ditingkatkan dengan 0,25 mg dua kali seminggu.
  • Dosis maksimum : 1 mg secara oral 2 kali seminggu.


Dosis cabergoline untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis cabergoline untuk anak - anak. Mungkin terdapat zat berbahaya dalam obat ini jika dikonsumsi atau digunakan oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, cabergoline juga memiliki beberapa efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat prolaktin, yaitu :
  • Mual, muntah, sakit perut, gangguan pencernaan, depresi.
  • Sakit kepala.
  • Pusing, sensasi berputar.
  • Mengantuk, kegelisahan.
  • Mulut kering.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search