Tuesday, September 10, 2019

Calamine : Obat Untuk Mengobati Iritasi Dan Infeksi Akibat Tanaman Beracun

Calamine : Obat Untuk Mengobati Iritasi Dan Infeksi Akibat Tanaman Beracun


Iritasi ataupun infeksi dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik itu disebabkan karena gigitan serangga, polusi, maupun karena terpapar zat beracun dari tanaman. Beberapa jenis tanaman yang dapat menyebarkan racun penyebab iritasi diantaranya adalah poison ivy, poison oac, dan poison sumac. Umumnya, racun dari beberapa tanaman tersebut menimbulkan beebrapa gejala infeksi maupun iritasi seperti gatal - gatal, kulit memerah, hingga luka lecet. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat terpapar zat beracun dari tanaman adalah calamine.

Calamine merupakan obat yang digunakan untuk mengobati rasa gatal, sakit, dan rasa tidak nyaman pada kulit akibat iritasi ringan yang disebabkan oleh tanaman beracun. Obat ini tergolong sebagai obat jenis antihistamin dan antipruritik. Calamine bekerja dengan cara mengeringkan luka lecet yang basah dan lembab akibat kontak langsung dengan tanaman beracun. Obat ini hanya boleh digunakan untuk pengobatan luar. Jangan sampai obat ini tertelan dan jangan menggunakan obat ini pada bagian mata dan lapisan kulit dalam seperti bagian dalam mulut dan daerah genital.


Cara menggunakan lotion calamine :
  • Kocok botol sebelum digunakan.
  • Aplikasikan kapas yang sebelumnya sudah dibasahi dengan lotion calamine pada daerah yang bermasalah.
  • Biarkan lotion hingga mengering dengan sendirinya.

Cara menggunakan salep calamine :
  • Oleskan salep langsung pada area yang bermasalah dan usap secara perlahan.

Calamine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab. Jangan menyimpan obat ini didalam kamar mandi dan jangan dibekukan. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker anda. Jauhkan semua obat - obatan dari jangkauan anak - anak maupun hewan peliharaan. Jangan menyiram obat - obatan kedalam toilet maupun saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buanglah produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.


Dosis calamine untuk orang dewasa
  • Dosis calamine pada setiap orang berbeda - beda. Anda harus mengikuti instruksi dari dokter ataupun mengikuti aturan yang tertera pada kemasan.


Dosis calamine untuk anak - anak
  • Belum ada ketentuan dosis calamine untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya bila digunakan oleh anak - anak.


Efek samping

Tidak ada efek samping umum yang telah dilaporkan akibat penggunaan calamine. Carilah bantuan medis segera jika anda mengalami efek samping parah saat menggunakan calamine, seperti :

  • Rekasi alergi parah yang meliputi ruam, gatal - gatal, kesulitan bernapas, dada terasa sesak, pembengkakan pada mulut, wajah, bibir, dan lidah.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search