Tuesday, September 10, 2019

Mitos Atau Fakta Wanita Cepat Tua Setelah Punya Anak

Mitos Atau Fakta Wanita Cepat Tua Setelah Punya Anak


Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa wanita akan cepat tua setelah punya anak. Apakah pernyataan itu fakta, ataukah hanya mitos ? memiliki anak merupakan suatu anugerah yang sangat didambakan oleh setiap orang dan tentunya menjadi pengalaman yang tak ternilai bagi seorang ibu. Namun, suka duka, stress, dan rasa lelah ketika membesarkan buah hati diyakini dapat mempercepat munculnya tanda - tanda penuaan. Salah satu penelitian mengenai reproduksi manusia menunjukkan bahwa wanita yang telah memiliki anak cenderung lebih cepat mengalami penuaan pada sel - sel tubuhnya.

Setiap sel - sel tubuh manusia memiliki 46 kromosom. Pada tiap kromosom terdapat dua bagian ujung DNA yang disebut dengan telomer. Telomer merupakan kunci utama dari usia sel - sel tubuh kita. Seiring dengan berjalannya waktu, sel - sel tubuh akan membelah diri sehingga telomere akan memendek. Apabila telomer terus menyusut, DNA perlahan - lahan akan rusak dan beberapa sel tubuh pun akan mati. Kondisi ini sebenarnya sangat wajar terjadi dalam proses penuaan manusia. Namun, berdasarkan hasil studi tersebut, wanita yang sudah mempunyai anak cenderung memiliki lebih banyak telomer yang pendek pada sel - sel tubuhnya dibandingkan wanita yang belum mempunyai anak. Itulah sebabnya wanita yang telah memiliki anak akan terlihat lebih tua atau menua.


Terdapat tiga wujud utama dari definisi penuaan secara umum, yaitu :
  • Kerutan. Tanda penuaan pertama dan yang paling umum terlihat adalah garis halus dan adanya kerutan. Garis - garis halus tersebut juga muncul pada beberapa area wajah dan menjadi tanda yang paling tampak. Garis halus juga dapat ditemukan pada pipi dan dahi, kerutan tampak sebagai garis - garis halus, dan dipicu oleh ekspresi wajah, serta cenderung semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia.
  • Kurangnya volume. Berkurangnya volume kulit beserta jaringan yang membentuknya terkadang sulit untuk diidentifikasi. Kondisi ini ditandai dengan berkurangnya kekencangan kulit sehingga menyebabkan perubahan pada gambaran wajah anda. Area leher dapat menjadi kasar, kering, dan kusam.
  • Kulit kendur. Kondisi ini paling umum terjadi pada wanita yang telah memasuki usia menopause, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita yang sudah memiliki anak juga mengalami kondisi ini. Berkurangnya kepadatan terjadi pada permukaan kulit saat kulit menjadi tipis dan rentan.


Menjadi seorang ibu memang bukanlah tugas yang mudah. Semakin bertambahnya tanggung jawab dan beban pikiran yang harus dipikul oleh wanita dengan memiliki anak, bertambah pula risiko wanita mengalami stress. Salah satu alasan mengapa wanita rentan mengalami stress setelah memiliki anak adalah kesulitan mengatur waktu. Menjadi seorang ibu mengharuskan wanita untuk pandai mengatur waktu untuk mengurus anak, memasak, mencuci baju, dan membereskan rumah. Masalah baru juga akan muncul bila seorang wanita juga harus memikirkan keadaan financial dan bekerja diluar rumah. Tidak heran jika wanita terlihat lebih cepat tua setelah memiliki anak, mengingat begitu besar dan beratnya tuntutan hidup.


Meskipun begitu, hasil riset ini masih memerlukan penilitian lebih lanjut. Memang, peluang penuaan dini pada wanita yang telah memiliki anak memang besar, tetapi anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah mengelola stress dengan baik. Supaya tidak mudah terserang stress, anda juga perlu waktu untuk merelaksasi diri anda sendiri tanpa gangguan siapapun. Mintalah pasangan anda untuk bergantian mengasuh anak utuk beberapa saat saja. Bahkan, anda bisa membuat jadwal me-time rutin, sehingga anda dapat meminimalisir terjadinya stress.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search