Tuesday, September 10, 2019

Pregabalin : Obat Untuk Mengatasi Rasa Sakit Akibat Kerusakan Saraf

Pregabalin : Obat Untuk Mengatasi Rasa Sakit Akibat Kerusakan Saraf


Sistem saraf merupakan kumpulan saraf yang berfungsi sebagai jalur penerus informasi yang didapatkan oleh indera, lalu diteruskan ke otak. Sistem saraf juga berfungsi untuk meneruskan informasi atau perintah dari otak ke panca indera. Sistem saraf pada manusia terbagi menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Saraf pusat manusia terdiri dari otak dan saraf tulang belakang. Sedangkan saraf tepi terdiri dari serabut saraf. Serabut saraf berfungsi untuk menghubungkan berbagai organ tubuh manusia dengan saraf pusat. Ketiga bagian sistem saraf tersebut bertanggung jawab untuk mengontrol seluruh fungsi tubuh secara bersamaan.

Ketika sistem saraf seseorang terganggu, maka semua fungsi tubuh yang dikontrolnya pun akan terganggu. Beberapa fungsi tubuh yang dikontrol oleh sistem saraf diantaranya suhu tubuh, sensasi dan persepsi, pemulihan dan rehabilitasi, pikiran dan emosi, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang dapat membuat seseorang terkena penyakit saraf, salah satunya adalah karena penyakit diabetes maupun infeksi herpes zoster. Untuk Mengatasi gangguan saraf yang diakibatkan penyakit tersebut, diperlukan beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah pregabalin.

Pregabalin merupakan obat yang berfungsi untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf yang akibat diabetes maupun infeksi herpes zoster. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri saraf yang disebabkan oleh cedera tulang belakang. Obat ini juga digunakan untuk mengobati rasa sakit pada orang dengan fibromyalgia. Obat ini juga dapat digunakan dengan obat lain untuk mengobati jenis kejang tertentu. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pregabalin sendiri merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis pregabalin untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk diabetes neuropati :
  • Dosis awal : 50 mg tiga kali sehari.
  • Dosis maksimum : 100 mg tiga kali sehari pada pasien dengan pembersihan kreatinin minimal 60 ml/menit.

Dosis dewasa untuk postherpetic neuralgia :
  • Dosis awal : 75 mg dua kali sehari atau 50 mg tiga kali sehari.
  • Dosis maksimum : Pasien yang tidak mengalami reaksi pemulihan nyeri pada 2 sampai 4 minggu, dapat diobati dengan pregabalin lebih dari 300 mg dua kali sehari atau 200 mg tiga kali sehari.

Dosis dewasa untuk epilepsy :
  • Dosis awal : 75 mg dua kali sehari atau 50 mg tiga kali sehari.
  • Dosis maksimum : 600 mg per hari.


Dosis pregabalin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis pregabalin yang aman untuk anak - anak. Mungkin terdapat zat berbahaya dalam obat ini bila dikonsumsi oleh pasien anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, pregabalin juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan emrasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat pregabalin, yaitu :
  • Pusing dan mengantuk
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi tubuh
  • Masalah dengan ingatan atau konsentrasi
  • Pembengkakan payudara
  • Tremor
  • Mulut kering
  • Sembelit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search