Tuesday, September 10, 2019

Tips Merangsang Kontraksi Asli Secara Alami

Tips Merangsang Kontraksi Asli Secara Alami


Ketika kandungan sudah memasuki usia 38 minggu, seharusnya anda sudah mengalami tanda - tanda akan melahirkan. Tetapi, jika anda belum juga mengalaminya, apakah yang harus anda lakukan ? Anda dapat melakukan rangsangan agar terjadi kontraksi asli. Kontraksi sendiri terbagi menjadi dua yaitu kontraksi palsu dan kontraksi asli. Kontraksi palsu biasanya berlangsung diwaktu yang bervariasi, bisa selama kurang dari 30 detik sampai beberapa menit, dengan interval yang tidak teratur. Sedangkan kontraksi asli umumnya hanya berlangsung sekitar 30 hingga 70 detik, namun jarak waktu terjadinya kontraksi teratur dan semakin pendek seiring waktu.

Saat kontraksi asli terjadi, perut akan mengencang bahkan semakin lama akan terasa semakin berat, dan berlangsung lebih lama menjelang persalinan. Perlu diketahui, ketika kondisi kehamilan sehat dan tidak ada komplikasi, dokter akan meminta ibu hamil menunggu munculnya tanda - tanda persalinan hingga usia kandungan 40 - 42 minggu. Apabila sampai 40 minggu belum ada tanda - tanda persalinan, maka dokter akan melakukan induksi persalinan atau kemungkinan persalinan caesar jika kondisi bayi tergolong berisiko.


Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merangsang kontraksi asli secara alami, yaitu :

1. Perbanyak jalan kaki

Cara merangsang kontraksi yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak jalan kaki. Jalan kaki baik dilakukan karena dapat merangang janin turun lebih cepat ke jalan lahir, memperkuat otot dan memperlancar sirkulasi darah. Saat jalan, tubuh harus tetap tegak dan tidak condong ke belakang. Lakukan jalan kaki selama 5 sampai 30 menit setiap pagi dan sore hari secara rutin.

2. Senam hamil

Selain dapat digunakan untuk merangsang kontraksi asli, senam hamil juga memiliki banyak manfaat untuk membantu persiapan kelahiran bayi. Dengan melakukan senam hamil, kontraksi rahim akan lebih efektif, melemaskan jalan lahir, dan memperlancar posisi penurunan janin ke jalan lahir.

3. Merangsang puting payudara

Cara mempercepat kontraksi berikutnya adalah dengan memberikan stimulasi pada payudara. Caranya, lakukan gerakan melingkar pada aerola, précis seperti saat bayi menghisap ASI. Pijatan pada payudara ini akan melepaskan oksitosin yang bisa merangsang rahim utnuk berkontraksi. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan pasangan anda.

4. Melakukan relaksasi


Merupakan hal yang wajar jika anda merasakan cemas menjelang persalinan. Oleh karena itu, anda perlu melakukan hal - hal yang membuat anda tenang seperti membicarakan kekhawatiran anda dengan suami, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Pada beberapa kasus, banyak ibu hamil tidak menjalani persalinan normal karena terlalu stress. Oleh karena itu, anda dapat merangsang kontraksi asli dengan melakukan olahraga relaksasi seperti yoga.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search