Tuesday, September 10, 2019

Citicoline : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Alzheimer

Citicoline : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Alzheimer


Pernahkah anda mendengar nama penyakit Alzheimer ? Penyakit Alzheimer merupakan penyakit degenerative progresif pada otak yang umumnya menyerang orang yang sudah berusia lanjut dan biasanya dikaitkan dengan perkembangan plak - plak beta amiloid pada otak. Salah satu gejala dari penyakit ini ditandai dengan kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia. Penyakit Alzheimer sendiri dinamai berdasarkan nama ilmuwan yang menemukannya, yaitu Alois Alzheimer. Penyakit Alzheimer bukanlah penyakit menular, melainkan sejenis sindrom dengan apoptosis sel - sel otak pada saat bersamaan, sehingga otak tampak mengkerut dan mengecil.

Gejala dari penyakit Alzheimer dapat dikurangi dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah citicoline. Citicoline merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka yang terjadi pada kepala, penyakit serebrovaskular seperti stroke, hilang ingatan karena faktor usia, penyakit Parkinson, ADHD, dan glaukoma. Citicoline merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis citicoline untuk orang dewasa

Lewat mulut :
  • Dosis citicoline untuk berkurangnya kemampuan berfikir karena faktor usia : 1000 - 2000 mg setiap hari.
  • Dosis citicoline untuk penyakit pembuluh darah yang menyerang otak (penyakit serebrovaskular kronis) : 600 mg per hari.
  • Dosis citicoline untuk pengobatan stroke karena penyumbatan atau stroke iskemik : 500 - 2000 mg per hari mulai dari 24 jam setelah serangan stroke ditangani.

Lewat infuse atau intravena :
  • Citicoline dapat diberikan melalui jarum infuse intravena untuk mengobati penyakit serebrovaskular kronis. Dosis diberikan berdasarkan keparahan gejala dan pemberian obatnya akan diawasi oleh dokter.

Suntikan :
  • Citicoline juga dapat diberikan melalui suntikan untuk mengobati penyakit serebrovaskular kronis. Dosis diberikan berdasarkan tingkat keparahan penyakit dan pemberian serta penggunaannya akan diawasi oleh dokter.


Dosis citicoline untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis citicoline untuk pasien anak. Mungkin terdapat zat berbahaya dalam citicoline jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, citicoline juga memiliki efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping dari obat citicoline. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat pengobatan menggunakan citicoline, yaitu :
  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Tekanan darah tinggi atau rendah
  • Mual
  • Penglihatan buram
  • Sesak nafas




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search