Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Mudah Dan Akurat

Ketahui Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Mudah Dan Akurat


Bagi ibu hamil, mengetahui usia kehamilan merupakan salah satu hal penting yang berguna untuk memperkirakan tanggal kelahiran si jabang bayi. Namun, pengetahuan mengenai cara menghitung usia kehamilan ini belum banyak dipahami oleh sebagian besar wanita. Sebelum kita membahas mengenai cara menghitung usia kehamilan, hal yang perlu anda ketahui adalah dengan mengetahui usia kehamilan, maka seorang wanita hamil dapat mengetahui perkembangan atau pertumbuhan organ yang terjadi pada janinnya, kebutuhan apa yang diperlukan oleh janin, dan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama usia kehamilan tersebut.

Dengan mengetahui usia kehamilan, ibu hamil juga dapat mengetahui kapan jadwal pemeriksaan yang harus dilakukan, baik ke dokter maupun ke bidan. Dengan demikian, kehamilan yang sedang dijalani diharapkan menjadi kehamilan yang sehat dan menghasilan bayi yang berkualitas. Salah satu cara popular yang sering digunakan untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan metode HPHT atau hari pertama haid terakhir. Cara menghitung hari kehamilan dengan metode HPHT juga dikenal dengan rumus naegele. Cara ini dianggap sebagai cara terbaik bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 - 30 hari. Selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir.


Berikut ini merupakan contoh perhitungan menggunakan metode HPHT. Yaitu :
  • Menentukan HPHT.
  • Menambahkan satu tahun.
  • Menambahkan 7 hari.
  • Mundurkan 3 bulan.


Jadi, bila HPHT tanggal 13 juli 2019, hitungannya menjadi :
  • 13 juli 2019 + 1 tahun = 13 juli 2020
  • 13 juli 2020 + 7 hari = 20 juli 2020
  • 20 juli 2020 - 3 bulan = 20 april 2020

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka diperkirakan bayi akan lahir pada tanggal 20 april 2020. Lalu, bagaimana cara menghitungnya jika lupa tanggal HPHT ? Cara ini tidak dapat di terapkan pada wanita yang tidak ingat HPHT-nya dan pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Pada beberapa kasus, rumus naegele hanya dapat memprediksi dengan tepat sekitar 4%. Namun, 90% ibu hamil akan melahirkan setelah tiga minggu dari hari perkiraan lahir. Cara memperkirakan tanggal kelahiran dengan rumus atau kalkulator kelahiran pada dasarnya hanyalah perkiraan. Jika seorang wanita melahirkan dua pekan lebih awal atau dua minggu lebih cepat dari perkiraan, hal tersebut merupakan kejadian yang wajar.

Berikut ini merupakan beebrapa cara lainnya untuk memprediksi usia kehamilan dan hari perkiraan lahir, diantaranya :

1. Tinggi puncak rahim

Selain menggunakan metode HPHT, cara memperkiraan usia kehamilan juga dapat dihitung berdasarkan tinggi puncak rahim. Cara menghitung usia kehamilan dengan metode ini adalah dengan cara meraba puncak rahim yang menonjol di dinding perut. Perhitungan dimulai dari tulang kemaluan sampai puncak rahim. Misalnya, jarak antara tulang kemaluan dan puncak rahim anda 18 cm, berarti usia kehamilan anda adalah 18 minggu. Namun, menghitung usia kehamilan dengan cara ini sudah jarang dilakukan.

2. Perhitungan parikh

Menghitung usia kehamilan menggunakan metode HPHT memiliki kelemahan, karena metode ini hanya cocok bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 - 30 hari. Jika siklus haid tidak teratur, maka anda dapat menggunakan rumus parikh untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir. Perhitungan dilakukan dengan cara menghitung saat terjadinya ovulasi, saitu siklus menstruasi dikurangi 14 hari. Contohnya jika seseorang memiliki HPHT 4 januari 2019 dengan periode menstruasi 35 hari, maka rumusnya adalah :
HPHT + 9 bulan + (35 - 21) hari = 18 september 2019 (hari perkiraan lahir).

3. Menggunakan USG


Hasil USG dalam menghitung usia kehamilan tentunya jauh lebih akurat jika dilakukan pada masa awal kehamilan. Hal penting yang harus diketahui adalah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, tingkat pertumbuhan janin bisa berbeda - beda. Selain dapat digunakan sebagai cara menghitung usia kehamilan, USG juga berguna untuk memantau pertumbuhan janin.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search