Tuesday, September 10, 2019

Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa Kehamilan

Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa Kehamilan


Masa - masa kehamilan tentunya membawa banyak perubahan hidup pada wanita. Mulai dari perubahan fisik seperti perut yang membesar, cepat lelah, sampai perubahan psikis seperti mudah marah, menjadi terlalu sensitif, dan sebagainya. Sebagian ibu bahkan mengalami perubahan suasana hati atau mood swings yang berpengaruh pada bagaimana cara ia bersikap dan berperilaku sehari - hari, termasuk pada pasangan dan keluarganya. Perubahan kondisi mental saat hamil cenderung dipengaruhi oleh kadar hormon, yang kemudian dapat meningkatkan rasa cemas dan stress.


Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya para ibu perlu mengetahui beberapa gangguan mental yang mungkin terjadi saat hamil, yaitu :
  • Kecemasan. Perasaan cemas muncul saat anda mulai merasa khawatir tentang hal - hal yang akan terjadi dimasa mendatang atau bagaimana sesuatu akan terjadi. Kekhawatiran ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental anda saat hamil. Anda mungkin akan merasa khawatir mengenai perawatan bayi anda kelak atau anda akan khawatir apakah anda dapat menjadi ibu yang baik atau tidak.
  • Depresi. Gangguan mental lainnya yang dapat dan rentan terjadi pada ibu hamil adalah depresi. Jika anda merasa stress atau memiliki perasaan negatif selama berminggu - minggu, mungkin anda sedang mengalami depresi. Depresi saat hamil dapat terjadi karena berbagai penyebab, seperti kehamilan yang tidak direncanakan, tuntutan pekerjaan, atau masalah hubungan.
  • Gangguan mental lainnya. Beberapa gangguan mental lain yang mungkin dapat terjadi pada ibu hamil diantaranya gangguan bipolar, gangguan makan, dan serangan panic.


Sebagai calon ibu, anda juga harus mengetahui mengenai gejala - gejala depresi pada wanita. Jika anda merasa mengalami gejala - gejala tersebut, segeralah lakukan pengobatan untuk mengatasinya. 


Berikut ini merupakan beberapa gejala depresi pada wanita, yaitu :
  • Sulit mengatur emosi. Kamu akan mudah merasa jengkel atau marah berlebihan.
  • Bangun tidur terlalu pagi. Rentang waktu tidur menjadi lebih sedikit karena sering bangun terlalu awal.
  • Kecanduan media social. Menggunakan media social lebih sering daripada biasanya.
  • Nyeri punggung. Kamu kerap merasakan nyeri pada punggung bagian bawah.
  • Sering bimbang. Kamu menjadi sulit untuk mengambil keputusan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.
  • Kehilangan minat. Kehilangan minat untuk melakukan aktivitas yang disukai.


Berikut ini merupakan beebrapa upaya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama hamil, yaitu :
  • Melakukan aktivitas yang disukai. Tidak hanya kesehatan janin yang perlu diperhatikan. Kesehatan anda pun harus menjadi prioritas, karena jika seorang ibu selalu merasa bahagia selama masa kehamilan, hal itu dipercaya dapat membuat bayi terlahir sehat dan cerdas. Anda dapat meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan aktivitas yang anda sukai dan lupakanlah untuk sejenak berbagai masalah dan kewajiban anda.
  • Menjaga pola makan sehat. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi tinggi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Mengkonsumsi makanan yang sehat tidak hanya baik bagi janin, tetapi juga baik untuk kesehatan anda.
  • Istirahat secukupnya. Sangat penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas, karena ibu hamil cenderung lebih cepat lelah daripada biasanya, karena energi yang digunakan untuk beraktivitas dua kali lebih besar jika dibandingkan saat belum hamil.
  • Carilah kelompok pendukung. Anda tentunya akan merasa tenang dan nyaman jika dikelilingi oleh orang yang anda cintai dan yang mencintai anda, seperti pasangan, keluarga, teman, atau saudara. Berada didekat orang - orang yang anda cintai dapat membuat anda terhindar dari gangguan mental saat hamil.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search