Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Bahan Alami Pengencer Darah

Ketahui Bahan Alami Pengencer Darah


Pembekuan darah atau pengentalan darah merupakan hasil dari proses penggumpalan darah yang mengalami perubahan dari bentuk cairan menjadi tekstur gel atau setengah padat. Pembekuan darah merupakan proses yang normal ketika terjadi luka atau sayatan di tubuh anda. Fungsi dari pembekuan darah adalah untuk mencegah terjadinya pendarahan berlebih ketika terjadi luka, sehingga anda tidak kehilangan terlalu banyak darah. Namun, jika pembekuan darah terjadi pada pembuluh darah anda, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir secara sempurna dan tentunya dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Pembekuan darah merupakan kondisi yang umum terjadi. Menurut American society of hematology, sebanyak 900.000 orang  di amerika serikat mengalami kondisi ini dan sekitar 100.000 kasus berakhir dengan kematian. Penyakit pembekuan darah paling sering terjadi pada orang - orang yang berusia lanjut dan memiliki beberapa masalah kesehatan tertentu. Kondisi pembekuan darah dapat diatasi dengan merubah gaya hidup dan pola makan anda menjadi gaya hidup dan pola makan sehat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai bahan alami yang ada disekitar anda yang dapat membantu anda untuk mengencerkan darah.



Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai makanan pengencer darah, yaitu :

1. Kunyit

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengencer darah adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah - rempah yang sering digunakan sebagai bahan masakan maupun diolah menjadi jamu tradisional. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang diketahui berperan sebagai antikoagulan. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit. Kurkumin terbukti dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor - faktor pembekuan darah.

2. Bawang putih

Satu lagi rempah yang sering kita temui sehari - hari adalah bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengencer darah. Bawang putih diketahui memiliki sifat antibiotic alami dan anti mikroba. Bawang putih juga diketahui mengandung senyawa alisin yaitu senyawa aktif yang berperan sebagai antikoagulan. Sebuah penelitian terhadap bubuk bawang putih menemukan fakta bahwa bawang putih juga memperlihatkan aktivitas antitrombotik. Senyawa antitrombotik merupakan zat yang dapat mengurangi penggumpalan darah.

3. Nanas


Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan fakta bahwa buah nanas ternyata mengandung senyawa bromealin. Bromealin merupakan senyawa yang diketahui dapat menghambat pembuatan fibrin di dalam tubuh. Fibrin sendiri merupakan salah satu senyawa protein yang dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah. Para peneliti menyimpulkan bahwa bromealin berperan sebagai agen fibrinolitik yang cukup efektif untuk menurunkan fibrin. Selain itu, buah nanas juga diketahui memiliki kandungan enzim yang dapat mencegah terjadinya peradangan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search