Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Cara Mengatasi Dan Mencegah Flu Pada Ibu Hamil

Ketahui Cara Mengatasi Dan Mencegah Flu Pada Ibu Hamil


Meskipun sudah berusaha menjaga kesehatan secara maksimal, ibu hamil tetap rentan mengalami flu, terlebih lagi saat kondisi cuaca sedang tidak menentu saat ini. Banyak sekali obat flu yang dijual di pasaran, tetapi ibu hamil harus selektif dalam memilih obat flu yang tepat. Karena, ada beberapa obat flu yang ternyata dapat berbahaya baik bagi ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungan. Pada dasarnya, penyakit flu atau influenza dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan biasanya bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena flu kembali. Salah satu obat flu yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa resep dokter adalah paracetamol. Obat paracetamol memang tidak menyembuhkan flu, tetapi terbukti efektif dalam meredakan berbagai gejala flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan pegal - pegal.

Obat flu lainnya yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah dextromethorphan dan obat ekspektoran yang mengandung guaifenesin. Obat antihistamin juga diketahui efek dalam meredakan gejala flu jika disebabkan oleh alergi. Obat jenis antivirus juga aman digunakan olehh ibu hamil. Tetapi, obat ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Penelitian menunjukkan bahwa obat antivirus memiliki manfaat yang lebih besar utuk ibu hamil dibanding dengan potensi risiko terjadinya efek samping. Selain dapat meringankan gejala dan membuat anda cepat pulih, obat antivirus juga dapat mencegah komplikasi flu serius seperti pneumonia. Dokter sering meresepkan obat antivirus oseltamivir untuk mengatasi flu yang terjadi pada ibu hamil.

Jika anda khawatir dengan penggunaan obat - obatan atau tidak bisa mengkonsumsi obat - obatan, anda juga dapat mengatasi gejala flu menggunakan cara lain.


Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda gunakan utnuk mengatasi gejala flu secara alami, yaitu :

1. Cukup Istirahat

Menurut penelitian yang terdapat pada laman American pregnancy, wanita hamil yang mengalami flu memiliki lebih besar terserang berbagai penyakit komplikasi yang disebabkan oleh flu, salah satunya adalah penyakit pneumonia. Penumonia merupakan penyakit infeksi yang menyerang paru - paru, sehingga menyebabkan kantung udara yang ada pada paru - paru menjadi meradang dan membengkak. Hal yang perlu anda ketahui adalah ketika wanita hamil mengalami komplikasi penyakit, maka yang terancam bukan hanya dirinya sendiri, tetapi janin yang ada didalam kandungannya pun juga ikut terancam. Istirahat yang cukup merupakan salah satu metode yang paling manjur untuk memulihkan kondisi kesehatan ketika terserang flu. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari berbagai aktivitas berat hingga kondisi kesehatan anda benar-  benar pulih.

2. Banyak mengkonsumsi air putih

Agar berbagai gejala flu seperti pilek, sakit tenggorokan dan batuk - batuk segera mereda, anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Minum air putih dapat menjadi salah satu obat flu yang aman untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan ketika anda terserang flu, cairan tubuh anda akan berkurang sehingga anda rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak lah minum air putih supaya tubuh terhindar dari dehidrasi dan cepat pulih dari penyakit flu.

3. Kompres hangat

Jika anda mengalami rasa sakit pada area sinus, anda dapat melakukan kompres hangat untuk meredakan rasa nyerinya. Anda dapat menampung air panas pada baskom. Kemudian letakkan baskom yang berisi air panas tersebut dibawah wajah anda untuk menghirup uapnya. Supaya uapnya tidak kemana - mana dan airnya tidak cepat dingin, anda dapat menggunakan handuk kecil untuk menutupi kepala anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search