Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Penyebab Rasa Kantuk Setelah Berolahraga Dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Rasa Kantuk Setelah Berolahraga Dan Cara Mengatasinya


Pernahkah anda mengalami rasa kantuk setelah berolahraga? Rasa kantuk setelah berolahraga merupakan hal yang wajar terjadi bila anda baru pertama kali melakukan olahraga rutin atau setelah lama tidak melakukan olahraga rutin. Hal ini merupakan kejadian yang normal karena tubuh sudah bekerja keras selama latihan berlangsung.


Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan anda mengantuk setelah berolahraga, yaitu :
  • Jarang berolahraga dan baru memulai olahraga secara rutin. Tubuh baru mulai beradaptasi dan merespon rasa lelah yang anda alami dengan membuat anda mengantuk beberapa jam setelah berolahraga.
  • Kadar gula darah dalam tubuh anda terlalu rendah.
  • Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Intensitas latihan terlalu tinggi dan anda baru pertama kali melakukannya.
  • Olahraga secara berlebihan atau over training yang membuat tubuh anda menjadi lelah dan menimbulkan rasa kantuk setelah berolahraga. Bahkan menurut seorang psikiater asal amerika serikat yang bernama dr. Pauline powers mengatakan bahwa olahraga yang terlalu berlebihan justru dapat meningkatkan risiko cedera, pengeroposan tulang, hingga menyebabkan beberapa orang menderita gangguan makan.


Jika anda telah melakukan olahraga rutin dalam waktu yang cukup lama, dan anda masih sering mengantuk setelah berolahraga bisa jadi anda memiliki beberapa masalah kesehatan. Anda mungkin memiliki risiko anemia, masalah hormon, serta masalah pada sistem metabolisme yang membuat anda sering merasa lelah dan mengantuk setelah selesai berolahraga. Cobalah juga untuk mengecek berapa jam tidur anda setiap malam. Hal ini karena kurang tidur juga bisa menjadi penyebab anda mengalami rasa kantuk setelah berolahraga. The national sleep foundation merekomendasikan tidur selama 7 - 9 jam, untuk mencegah rasa kantuk setelah berolahraga.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya anda melakukan olahraga secara rutin karena rasa lelah yang menyebabkan anda mengantuk secara perlahan akan memudar jika tubuh telah berhasil menyesuaikan diri dan terbiasa dengan latihan yang dilakukan. Seiring dengan berjalannya waktu, olahraga yang anda lakukan akan menambah energi anda dan membuat tubuh anda tetap bugar sepanjang hari. Selain itu, perhatikan juga untuk selalu mengisi energi tubuh sebelum anda memulai olahraga dengan mengkonsumsi makanan pra-latihan dan minum cukup cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan kadar gula darah sehingga mencegah tubuh mengalami kelelahan.


Menurut seorang profesor neurologi yang bernama alon avidan, sebenarnya olahraga yang dilakukan dengan rutin baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang menyatakan bahwa orang yang menderita insomnia mulai bisa tidur nyenyak setelah 4 bulan rutin berolahraga. Bila anda menginginkan kualitas tidur yang baik, setidaknya lakukan olahraga rutin sebanyak 3 - 4 kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap latihan. Hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan jika anda berolahraga selama 2 jam tetapi hanya seminggu sekali. Hal ini karena ketika anda melakuakn olahraga secara teratur, maka rasa panas dalam tubuh akan meningkat dan secara perlahan berangsur - angsur dingin selama beberapa jam setelah aktivitas selesai. Ketika penurunan suhu tubuh mencapai tingkat yang stabil, maka otak akan menerima sinyal yang menyebabkan tubuh merasa mengantuk dan butuh tidur. Setelah terbangun, anda akan merasa segar kembali.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search