Tuesday, September 24, 2019

Tips Kembali Bugar Setelah Lama Tidak Berolahraga

Tips Kembali Bugar Setelah Lama Tidak Berolahraga


Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Olahraga dapat dilakukan oleh semua kalangan baik pria maupun wanita, baik anak - anak maupun orang dewasa, baik pemula maupun professional. Olahraga memiliki arti yaitu mengolah raga anda supaya lebih sehat dan kuat. Anda dapat melatih fisik dan mental anda dengan berbagai jenis olahraga seperti jalan santai, jogging, yoga, beladiri dan sebagainya. Anda juga dapat melatih dan mengembangkan otot anda dengan beberapa jenis olahraga berat seperti fitness, angkat besi, sepak bola, dan sebagainya.

Karena kesibukan sehari - hari, terkadang kita menjadi lupa untuk berolahraga dan baru sadar akan pentingnya olahraga ketika tubuh sudah mulai mengalami beberapa gangguan. Setelah lama tidak berolahraga, terkadang kita menjadi malas dan mudah lelah ketika berolahraga, bahkan cenderung cepat menyerah ketika hasil dari berolahraga tidak seperti yang kita harapkan. Alhasil, tubuh menjadi mudah sakit serta gampang lelah karena otot - otot tubuh sudah lama tidak dilatih dan bahkan pada beberapa kasus, otot dapat mengecil dan menyusut jika lama tidak dilatih. Oleh karena itu, jika anda ingin kembali sehat, kuat dan bugar, maka bulatkan tekad untuk kembali berolahraga.

Berikut ini merupakan beberapa tips agar anda kembali bugar setelah lama tidak berolahraga, yaitu :

1. Memulai dengan niat yang kuat

Anda membutuhkan tekad dan komitmen yang kuat jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Anda dapat memulai dengan menyiapkan semua kebutuhan olahraga anda dan membuat jadwal rutin berolahraga. Abaikan hal - hal yang dapat mengganggu komitmen anda dalam berolahraga.

2. Melakukan olahraga peregangan

Setelah sekian lama anda tidak berolahraga, tentunya otot anda menjadi kaku dan lemah. Oleh karena itu, anda memerlukan peregangan agar otot - otot tubuh anda menjadi lentur dan aliran darah menjadi semakin lancar. Olahraga peregangan juga penting untuk meningkatkan performa tubuh secara keseluruhan dan mengurangi risiko terjadinya cedera. Sebagai permulaan, anda dapat melakukan gerakan lunge setiap akan memulai olahraga. Anda bisa memulainya dengan 10 - 15 gerakan peregangan dengan durasi 1 menit tiap gerakan.

3. Melakukan olahraga aerobik ringan

Alokasikan waktu anda untuk berolahraga selama 150 - 300 menit dalam seminggu atau bagilan menjadi 20 - 30 menit setiap hari. Anda dapat memulainya dengan melakukan oleharaga aerobik ringan seperti berjalan kaki atau jogging. Anda dapat berisitirahat selama 10 menit dalam setiap sesi olahraga. Lama - kelamaan, anda akan terbiasa dan dapat melakukannya selama 20 - 30 menit tanpa henti.

4. Melatih kekuatan otot

Ketika anda sudah terbiasa dengan olahraga peregangan dan aerobik ringan, maka anda dapat meningkatkan kemampuan anda dengan mulai melatih otot - otot tubuh yang selama ini jarang digunakan secara aktif. Anda dapat mencoba squat, lunge, hamstring curl, atau olahraga apapun yang menggerakkan seluruh otot tubuh.

5. Menjalani rutinitas selama satu bulan


Anda boleh saja menetapkan target jangka panjang anda dalam berolahraga, tetapi paling tidak anda harus memiliki komitmen untuk menjalani program latihan anda selama 1 bulan sejak awal anda mulai berolahraga. Hal ini karena kebanyakan orang selalu bersemangat dan menggebu - gebu saat awal latihan, tetapi kehilangan semangat dan kehilangan komitmen setelah seminggu atau dua minggu berolahraga. Hal ini mungkin terjadi karena munculnya rasa bosan dalam berolahraga. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat untuk melakukan olahraga rutin selama satu bulan. Setelah satu bulan, biasanya anda akan terbiasa berolahraga dan bahkan anda akan merasa tidak enak badan jika tidak berolahraga. Selamat mencoba dan salam olahraga.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search