Thursday, September 26, 2019

Manfaat Menyusui Sampai Anak Usia Dua Tahun

Manfaat Menyusui Sampai Anak Usia Dua Tahun


Menyusui merupakan proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Menyusui itu bukan sekadar memberikan ASI pada bayi, tetapi bisa menciptakan bonding antara ibu dan anak. Anak mencari kenyamanan dari sang ibu dengan menyusu.

Menyusui pun dianjurkan sampai genap usia dua tahun. Bahkan di alquran pun seperti itu, tetapi juga perlu dibantu dengan makanan pendamping ASI. Usia 0-6 bulan 100% kebutuhan bayi hanya ASI, tanpa tambahan apa pun. Lalu, ketika berusia 6-12 bulan, maka kebutuhannya adalah 30% MPASI dan 70% ASI. Usia 1-2 tahun 70% MPASI dan 30% ASI. Jadi, usia satu tahun ke atas ASI bukan lagi kebutuhan wajib si anak.

Jika menurut para orang tua zaman dulu yang mengatakan bahwa ASI tidak memiliki nutrisi setelah bayi berusia satu tahun itu salah. Menurut para ahli medis, ASI tetap berkualitas dan memiliki gizi sampai usia anak berapa pun. Tidak ada istilah ASI jelek, karena merupakan ciptaan Allah. Lagipula, ASI itu sesuai dengan kebutuhan bayi.

Bahkan, program pemerintah pun sekarang berikan ASI hingga anak berusia dua tahun. Makanya, di kemasan susu UHT tertera tulisan 'untuk anak usia di atas dua tahun', sebenarnya itu hanya membantu menjalankan program ASI dua tahun. Meskipun sejak usia satu tahun boleh diberi UHT.


Menyusui sampai anak usia dua tahun mempunyai banyak manfaat. Apa saja itu?

 1.             Memberi nutrisi untuk bayi.

Pendapat yang mengatakan kalau ASI tidak ada nutrisinya ketika usia anak bertambah itu salah. Bayi akan tetap mendapat manfaat dari nutrisi yang ada dalam ASI seperti protein, kalsium, lemak, vitamin A, dan nutrisi lainnya.

2.                  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bayi yang menyusu akan mengalami penurunan risiko terkena penyakit dan kematian. Semakin lama bayi mengonsumsi ASI, semakin kecil bayi terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi telinga dan saluran pernapasan.

3.                  Membuat ibu jadi lebih sehat.

Menyusui juga berguna bagi si ibu, karena akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrium.

4.                  Meningkatkan perkembangan otak.

Menyusu juga dapat meningkatkan perkembangan otak. Ini bukan karena asupan nutrisi yang ada di ASI saja. Akan tetapi, bayi yang menyusu dari payudara kanan dan kiri secara bergantian, membuat bayi berlatih tentang jangkauan dan pikiran. Itulah yang menyebabkan otak berkembang.

5.                  Menenangkan bayi

Maksudnya adalah dengan menyusu bisa membuat bayi tenang karena bisa mengalihkan perhatian si kecil dan hubungan ibu dan anak bisa dekat.

6.                  Menenangkan ibu

Bukan hanya bayi yang tenang, tetapi ibu pun bisa memperoleh ketenangan dari menyusui. Ketika ibu merasa penat dengan aktivitas yang ada, menyusui bisa jadi kesempatan ibu beristirahat. Pada situasi ini, sang ibu merasa bahwa waktu menyusui ini hanya milik ibu dan bayinya. Bisa istirahat dari aktivitas yang melelahkan. Menatap wajah bayi yang sedang menyusu, membuat jiwa ibu sedikit damai.

Lalu, bagaimana jika si kecil yang sudah berusia dua tahun belum siap disapih? Apakah bagus bayi menyusu lebih dari dua tahun?

Tak masalah menyusui hingga dua tahun lebih, jika si kecil memang belum mau dan siap disapih. Sebab, jika disapih secara paksa akan berpengaruh pada psikologis anak juga. Dengan menyusui maka si ibu sudah memberikan perlindungan daya tahan tubuh berupa antibodi dan imunoglobin pada anak. Jadi, tak perlu khawatir.


Rumor tentang anak yang tidak segera disapih akan membuat anak manja dan tidak bisa mandiri itu salah. Justru jika dipaksa akan membuat anak tidak percaya diri. Malah ternyata kandungan manfaat dalam ASI itu mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan si kecil di usia tumbuh kembangnya. Selama masa menyusui hingga dua tahun, sistem kekebalan tubuh dan kecerdasan bayi akan terus meningkat. Jadi tidak perlu buru-buru menyapih anak, karena ASI merupakan asupan yang bergizi bagi anak.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search