Wednesday, October 9, 2019

Ketahui Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Ambeien

Ketahui Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Ambeien


Wasir atau ambeien merupakan kondisi ketika pembuluh darah vena disekitar anus mengalami peradangan dan pembengkakan. Penyakit ini dapat muncul didalam rectum atau disekitar anus. Biasanya, wasir atau ambeien disebabkan karena terlalu sering mengejan ketika buang air besar. Tetapi, terdapat pula berbagai mitos  - mitos lain mengenai penyakit ambeien. Wasir atau ambeien tidak termasuk penyakit menular. Biasanya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat disembuhkan dengan obat wasir. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa mitos mengenai ambeien sekaligus fakta tentang penyakit ambeien.


Berikut ini merupakan beberapa anggapan masyarakat atau mitos mengenai penyakit ambeien berikut penjelasannya, yaitu :

1. Ambeien disebabkan oleh makanan pedas

Beberapa orang menganggap bahwa penyakit ambeien disebabkan karena orang tersebut sering mengkonsumsi makanan pedas. Hal tersebut merupakan mitos belaka karena faktanya penyakit ambeien disebabkan oleh tekanan pada pembuluh vena disekitar anus. Tekanan tersebut dapat berasal dari obesitas, kehamilan, kanker usus besar, seks anal, penyakit crohn, dan kebiasaan duduk terlalu lama. Meskipun demikian, makanan pedas memang dapat menimbulkan rasa perih jika terdapat robekan pada anus akibat ambeien yang tidak ditangani secara baik.


2. Hanya lansia yang dapat menderita ambeien

Orang - orang yang masuk ke dalam kelompok lansia memang memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit ambeien. Hal ini disebabkan karena seiring dengan bertambahnya usia, jaringan penghubung antara anus dan rectum pun semakin melemah. Pembuluh vena yang ada disekitar anus pun semakin mudah berkembang untuk menjadi ambeien. Tetapi, faktanya adalah lansia bukan satu - satunya kelompok yang dapat mengalami ambeien.

Siapapun dapat berisiko mengalami ambeien, jika :
  • Sering mengejan saat buang air besar.
  • Sering menggunakan toilet duduk dalam waktu lama.
  • Sering mengangkat benda berat.
  • Memiliki riwayat diare atau sembelit kronis.
  • Jarang mengkonsumsi makanan berserat.


3. Ambeien pertanda kanker usus besar

Mitos lain yang masih banyak dipercaya masyarakat perihal ambeien adalah bahwa penyakit ambeien merupakan pertanda dari kanker usus besar. Padahal, pernyataan ini belum tentu benar. Penyakit ambeien dan penyakit kanker usus besar memang sama - sama dapat menyebabkan BAB berdarah, tetapi keduanya memiliki gejala lain yang berbeda. Meskipun demikian, anda jangan mengabaikan kondisi ini terlebih jika anda telah berusia diatas 50 tahun atau memiliki riwayat kanker usus besar dalam keluarga.


4. Makanan tidak ada hubungannya dengan ambeien

Beberapa orang mengatakan bahwa makanan tidak ada hubungannya dengan ambeien. Padahal, faktanya adalah pola makan rendah serat dapat menyebabkan feses mengeras dan akhirnya memicu sembelit. Feses yang keras dapat membuat anda sering mengejan ketika buang air besar dan itu merupakan salah satu penyebab utama penyakit ambeien.


5. Ambeien hanya bisa diatasi dengan operasi

Obat - obatan jenis kortikosteroid memang dapat meredakan gejala - gejala ambeien. Tetapi, obat - obatan tersebut tidak dapat menyembuhkan ambeien sehingga dibutuhkan prosedur medis untuk mengatasinya. Prosedur medis untuk mengatasi ambeien tidak selalu dengan operasi atau pembedahan, tetapi dapat dilakukan dengan berbagai metode lain. Berikut ini merupakan beberapa metode medis untuk mengatasi penyakit ambeien, yaitu :
  • Ruber band ligation. Dokter mengikat bagian dasar ambeien dengan sejenis karet untuk menghentikan aliran darah hingga benjolan mengecil dan menghilang.
  • Skleroterapi. Ambeien disuntik dengan sejenis bahan kimia agar mengerut dan terlepas dengan sendirinya.
  • Menekan benjolan kembali kedalam anus.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search