Wednesday, October 9, 2019

Alternatif Pembalut Ramah Lingkungan dan Kesehatan

Alternatif Pembalut Ramah Lingkungan dan Kesehatan


Menjaga kesehatan reproduksi di zaman sekarang bukan hanya sekedar menjaga kebersihan organ reproduksi, namun juga ada tanggung jawab lebih untuk menjaga lingkungan. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis data bahwa di Indonesia sendiri sampah pembalut mencapai 1,4 miliar dalam sebulan. Selain itu, penggunaan pembalut konvensional menjadi perdebatan juga karena kandungannya yang kurang baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pembalut konvensional setara kandungannya dengan empat tas plastik, dimana ketika plastik ini bersentuhan dengan kulit vagina akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi itu sendiri. Wah, mengkhawatirkan banget ya untuk kesehatan diri kita dan lingkungan? Lalu, apa aja sih pilihan selain pembalut konvensional yang mengandung plastik serta bagaimana penggunaannya? Yuk cek 3 jenis feminine hygiene products selain pembalut konvensional di bawah ini!

  1. Tampon
Produk kebersihan organ reproduksi yang satu ini berbentuk silinder yang akan dimasukkan ke dalam lubang vagina. Tujuannya tentu saja untuk menyerap darah menstruasi Anda. Tampon sendiri tersedia dalam berbagai ukuran dan daya serap, lho!

Cara memakainya mudah sekali, dimulai dengan memegang ujung tampon tersebut dan pastikan talinya terlihat serta jauh dari tubuh Anda. Kemudian gunakan tangan Anda yang lain untuk membuka labia (lipatan kulit di sekitar lubang vagina). Dalam waktu yang bersamaan, arahkan tampon ke lubang vagina dan dorong dengan hati-hati ya. Cukup satu langkah terakhir lagi, yaitu ketika tampon sudah berada di dalam vagina, gunakan jari telunjuk atau penunjuk lainnya untuk mendorong tampon benar-benar masuk.

Eits, pastikan talinya menggantung di luar vagina Anda ya! Tali ini akan berguna saat Anda ingin mengeluarkan dan mengganti tampon. Tapi penggunaan tampon ini akan percuma jika kebersihannya tidak terjaga. Cukup pastikan setiap akan memasang dan mengeluarkan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah mencuci tangan, keringkan tangan Anda. Hal yang perlu diingat lainnya ialah ketika tampon jatuh ke lantai atau permukaan lainnya, maka Anda harus menggunakan tampon yang lain mencegah kuman yang sudah menempel pada tampon tersebut tidak masuk ke organ reproduksi Anda.


  1. Menstrual Pads
Meski bentuknya didesain mirip seperti pembalut konvensional, namun menstrual pads berbeda jauh. Hal yang paling membedakan ialah bahan dasarnya, dimana menstrual pads terbuat dari kain dri-fit atau katun organik. Menstrual pads juga bervariasi dari segi panjangnya dan daya serap. Penggunaannya pun sama seperti pembalut konvensional, namun pada saat akan diganti, menstrual pads tidak perlu dibuang. Justru, hanya dicuci saja.

Menurut organisasi The Center for Young Women’s Health (CYWH) yang berada di Amerika Serikat, penggunaan menstrual pads ini akan lebih tidak membuat iritasi daripada pembalut konvensional. Hal ini disebabkan bahan dasar mereka yang berbeda. Penggunaannya yang paling mudah serta jangka waktu pemakaian yang relatif panjang membuat pilihan produk kebersihan organ reproduksi yang satu ini banyak diminati. Meski begitu, jangan malas untuk menggantinya setiap 4 jam sekali ya!


  1. Menstrual cups
Sebagian besar orang yang tidak terbiasa memakai produk kebersihan organ reproduksi yang satu ini akan berpikir berulang kali untuk membelinya. Namun disatu sisi produk ini marak diperbincangkan di media sosial, sehingga penggunanya makin menjamur pula. Adalah menstrual cups, sebuah alternatif produk kebersihan organ reproduksi yang terbuat dari karet atau silikon yang terlah teruji secara medis. Sedikit berbeda dengan dua alternatif di atas, Menstrual cups berfungsi untuk “menangkap” darah menstruasi. Penggunaannya pun dapat mencapai 10 tahun.

Cara penggunannya terbilang cukup mudah, yaitu persis seperti penggunaan tampon. Hanya saja, jika terdapat tali di ujung tampon, maka pada bagian Menstrual cups terdapat batang di ujung yang berfungsi sama pula. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan menstrual cups saat akan memasukkan dan melepasnya dari organ reproduksi Anda. Caranya adalah dengan memastikan selalu mencuci menstrual cups dengan bersih, serta juga mengeringkannya.


Ketiganya memiliki bentuk serta fungsi yang berbeda-beda, namun ketiganya bisa menjadi pilihan lain Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi plus ikut serta dalam memedulikan lingkungan. Tertarik mencobanya? Eits, jangan buru-buru memutuskan. Jika masih ragu untuk memilih alternatif produk kebersihan organ reproduksi yang mana, Anda bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu lho. Malu bertanya saat ini, malu nanti saat masa menstruasi!




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search