Wednesday, October 9, 2019

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita




Kesehatan organ reproduksi wanita menjadi hal yang tak boleh luput dari perhatian. Bagian dari organ reproduksi wanita antara lain mulut rahim, rahim, ovarium, tuba falopi, klitoris, dan vagina. Jika kesehatan organ reproduksi tersebut diabaikan, tentu akan berdampak pada adanya gangguan kesehatan. Sedangkan peran organ reproduksi wanita sangat banyak bahkan cukup kompleks. Mulai dari produksi sel telur, hubungan seksual, menstruasi, kehamilan, sampai persalinan. Sehingga dibutuhkan pengetahuan dalam merawat dan menjaga kebersihan organ reproduksi wanita. 


Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar organ reproduksi tetap bersih dan sehat :

1.       Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan selalu menjadi prioritas untuk menjaga kesehatan tubuh, tak terkecuali organ reproduksi wanita. Makanan sehat dan bergizi seimbang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ reproduksi dalam menjalankan perannya. Ada beberapa makanan yang dapat Anda prioritaskan untuk kesehatan organ reproduksi. Salah satunya yaitu ubi yang akan menjaga kesuburan. Ubi mengandung beta carotene dan vitamin A yang membantu meningkatkan kesuburan organ reproduksi baik wanita maupun pria. Selain itu, ada pula yoghurt yang akan menjaga tingkat pH organ reproduksi. Tingkat pH yang baik untuk organ reproduksi adalah sekitar 3,8 sampai 4,5. Menjaga kesehatan organ reproduksi juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi air putih 8 gelas sehari dan tidak mengonsumsi minuman berkafein lebih dari 2 cangkir per hari.


2.       Membersihkan Organ Reproduksi dengan Benar

Langkah sederhana yang bisa Anda mulai adalah dengan memperhatikan cara yang tepat dalam membasuh vagina setelah buang air kecil dan besar. Basuh dari arah depan ke belakang atau dari vagina menuju anus agar kuman dari anus tidak terbawa menuju vagina. Selain itu, jangan lupa gunakan handuk yang lembut dan kering. Pemilihan sabun juga perlu diperhatikan. Hindari penggunaan sabun kewanitaan yang mengandung zat seperti antiseptik, pewangi, dan alkohol. Sebab sabun tersebut justru akan membunuh bakteri normal yang ada pada vagina dan dapat menyebabkan iritasi.


3.       Menjaga Diri agar Tidak Stres Berlebihan

Ternyata stres yang tidak dikelola dengan baik juga memberi dampak pada kesehatan organ reproduksi. Salah satu dampak stres adalah tidak teraturnya siklus menstruasi Anda. Saat memasuki siklus menstruasi, kadar estrogen akan menurun. Stres akan mengakibatkan kadar estrogen semakin rendah sehingga menyebabkan ketidakteraturan bahkan keterlambatan masa haid. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan olahraga rutin agar emosi dan stres dapat terkontrol. Olahraga rekomendasi yang bisa mengelola stres yaitu yoga, jalan santai, atau lakukan relaksasi ringan.


4.       Perhatikan Hubungan Seksual

Kesehtan organ reproduksi juga tidak terlepas dari hubungan seksual bersama pasangan. Hubungan seksual yang baik dan memperhatikan kebersihan serta kesehatan tentu tidak akan memberikan masalah kesehatan. Sebelum melakukan hubungan seksual, pastikan pasangan tidak memiliki penyakit menular seksual. Hal ini tentunya akan memberi dampak pada kesehatan organ reproduksi Anda. Selain itu, gunakan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual.


Tips di atas bisa membantu Anda agar organ reproduksi tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Jaga kesehatan organ reproduksi agar tidak menimbulkan beragam masalah kesehatan. Terlebih organ reproduksi memiliki peranan penting yang menjaga kelangsungan hidup terutama proses hamil. Yuk, mulai perhatikan gaya hidup Anda agar organ reproduksi tetap sehat. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan organ reproduksi ke dokter, ya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search