Monday, October 28, 2019

Amitriptyline : Obat Terapi Bagi Penderita Depresi

Amitriptyline : Obat Terapi Bagi Penderita Depresi


Depresi telah menjadi gangguan kesehatan mental yang umum ditemui di masyarakat. Ada banyak sekali orang yang mengalami depresi, baik depresi ringan hingga depresi berat. Penyakit depresi bahkan bisa berkembang menjadi skizofrenia jika tidak segera diatasi. Depresi sendiri merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang tertekan, perasaan sedih, murung, suka menyendiri, serta tidak memiliki minat dalam berbagai aktivitas. Depresi dapat membuat kualitas hidup seseorang menurun secara signifikan. Beberapa ahli menyebutkan bahwa depresi adalah gangguan kejiwaan yang disebabkan oleh pengalaman yang sangat menyakitkan, seperti sakit hati yang sangat mendalam, perasaan bersalah, trauma psikis, dan rasa inferior atau rendah diri.

Depresi berawal dari stress yang tidak ditangani dengan baik. Meskipun depresi adalah masalah kejiwaan, namun dampaknya sangat besar bagi kehidupan bahkan dapat meningkatkan risiko kematian. Depresi dapat diatasi dengan mendatangi psikiater untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan juga dengan menggunakan terapi obat. Salah satu obat yang sering digunakan dalam terapi pengobatan depresi adalah amitriptyline. Amitriptyline merupakan obat jenis antidepresan yang berfungsi untuk meringankan gejala kecemasan yang parah, serta dapat membuat suasana hati menjadi lebih stabil. Obat ini juga dapat membantu mencegah timbulnya pikiran atau upaya untuk bunuh diri dan memberikan manfaat penting lainnya.

Amitriptyline merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi masalah mental/mood seperti depresi. Obat ini dapat membantu meningkatkan mood dan perasaan kesejahteraan, mengurangi kecemasan dan ketegangan, membantu anda tidur lebih baik, dan meningkatkan energi anda. Amitriptyline masuk kedalam kelas obat antidepresan trisiklik. Obat ini bekerja dengan cara mempengaruhi keseimbangan kimia alami tertentu yang ada didalam otak. Selain dapat mengobati masalah mental, obat ini juga memberikan hasil yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya migrain, serta untuk mengatasi masalah gangguan makan atau kehilangan nafsu makan.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian kecil pasien yang mengkonsumsi obat antidepresan terutama yang berusia dibawah 25 tahun mungkin mengalami perburukan kondisi depresi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda mengenai risiko dan manfaat dari obat antidepresan. Beritahu dokter segera jika gejala depresi anda semakin memburuk seperti perubahan perilaku yang tidak biasa, atau perubahan suasana hati yang signifikan. Amitriptyline merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis amitriptyline untuk orang dewasa
  • Pasien rawat jalan : 25 - 50 mg diminum setiap malam sebelum tidur.
  • Pasien rawat inap : 100 - 300 mg per hari.


Dosis amitriptyline untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis amitriptyline yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, amitriptyline juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat amitriptyline, yaitu :
  • Mengantuk
  • Pusing
  • Mulut kering
  • Penglihatan kabur
  • Konstipasi
  • Meningkatnya berat badan
  • Kesulitan buang air kecil




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search