Monday, October 28, 2019

Hindari Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal

Hindari Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal


Ginjal merupakan organ ekskresi manusia yang berbentuk seperti kacang. Pada manusia dewasa, ginjal memiliki ukuran sepanjang 11 centimeter. Ginjal menerima darah dari arteri renalis, dan mengeluarkan darah melalui vena renalis. Manusia memiliki sepasang ginjal didalam tubuhnya, yaitu dibagian kiri dan bagian kanan. Setiap ginjal terhubung dengan ureter, yaitu tabung yang membawa urin keluar dari kandung kemih. Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal merupakan salah satu organ vital dari 3 organ vital tubuh selain jantung, hati, dan otak. Ginjal dianggap sebagai organ vital tubuh karena berfungsi memastikan proses metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Jika tidak dijaga dengan baik, ginjal juga dapat mengalami gangguan. Gangguan kesehatan ginjal biasanya ditandai dengan proses metabolisme tubuh yang tidak normal yang membuat tubuh merasa mual, muntah, lemas, sesak napas, dan jika berkembang hingga stadium lanjut, dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada pergelangan kaki. Gangguan yang terjadi pada ginjal dapat berakibat fatal bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Hal ini dikarenakan pentingnya fungsi ginjal dalam menjaga proses metabolisme tubuh. Jika ginjal rusak, maka organ tubuh lain pun dapat rusak juga, karena proses metabolismenya menjadi terganggu.

Penyakit ginjal tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui proses yang panjang. Orang yang mengalami penyakit ginjal biasanya memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang buruk. Gaya hidup yang buruk tersebut membuat ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan bisa menyebabkan ginjal tidak berfungsi.


Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Gemar mengkonsumsi makanan olahan

Beragam makanan olahan yang tersedia dipasaran seperti sosis, nugget, hingga camilan kemasan memang memiliki rasa yang enak dan lezat. Tetapi, berbagai makanan tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium yang tinggi pada makanan olahan tersebut. Natrium yang terlalu banyak, akan menumpuk dan mengendap didalam tubuh., sehingga membuat kerja ginjal semakin berat dalam menyaringnya dan lama kelamaan dapat membuat ginjal menjadi rusak.

2. Tekanan darah yang tidak terkendali

Tekanan darah yang tinggi tidak hanya dapat menyebabkan penyakit jantung saja, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit stroke. Hal ini juga dapat berdampak buruk pada ginjal. Hal ini karena ginjal sebenarnya juga memiliki pembuluh darah yang terkait langsung dengan saluran kemih. Jadi, ketika kita mengalami tekanan darah tinggi, maka ginjal juga akan berdampak buruk, bahkan dapat mengalami kerusakan.

3. Kurang minum

Komponen utama darah adalah air. Jika seseorang mengalami kurang minum, maka darah orang tersebut menjadi kental dan lengket sehingga menyebabkan ginjal menjadi sulit untuk menyaringnya. Jika hal ini terjadi, maka ginjal memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan.

4. Berat badan berlebih


Kelebihan berat badan merupakan sumber dari berbagai masalah kesehatan. Pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat supaya fungsi organ tubuh termasuk ginjal, tetap berfungsi dengan baik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search