Monday, October 28, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Pita Suara Anda

Tips Menjaga Kesehatan Pita Suara Anda


Suara merupakan salah satu aset berharga yang harus anda jaga kesehatannya. Secara umum, suara merupakan pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang mermabat melalui medium. Pada manusia, suara dihasilkan oleh pita suara. Jika pita suara sehat, tentunya kita dapat melakukan aktivitas sehari - hari dengan normal seperti berbicara, bernyanyi, bercengkrama, dan sebagainya. Tetapi, jika pita suara kita dalam keadaan tidak sehat, tentunya aktivitas sehari - hari juga menjadi terganggu. Bagi anda yang memiliki hobi menyanyi atau sedang menekuni industry musik, tentunya anda memahami bahwa suara merupakan salah satu aset berharga. Supaya tetap dalam kondisi prima dan stabil, pita suara harus selalu dijaga kesehatannya.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan pita suara, diantaranya :

1. Melatih suara

Seperti halnya atlet olahraga, seorang penyanyi juga perlu menyempurnakan keterampilannya. Latihan yang dilakukan pun harus mengikuti jadwal yang telah dibuat, serta dengan istirahat yang cukup agar performa pita suara tidak terlalu dipaksakan. Menurut dr. wendy leborgne, seorang ahli patologi suara dan spesialis vokal, sangat penting bagi seorang penyanyi untuk melatih pita suaranya, sama seperti seorang atlet yang melatih anggota tubuhnya. Latihan yang dilakukan bisa berupa pemanasan suara, stretching leher dan bahu, latihan pernapasan, serta mengikuti pola makan yang sehat.

2. Gunakan suara anda sebaik dan sebijak mungkin

Cara lain untuk menjaga kesehatan pita suara adalah dengan menggunakannya sebijak mungkin. Usahakan agar tidak terlalu banyak berbicara ketika anda mengalami kelelahan atau ketika suara anda mulai serak. Selain itu, hindari berbicara dengan volume keras, berteriak, atau bernyanyi dengan cara yang dipaksakan. Hal ini karena cara tersebut dapat membuat pita suara anda membengkak dan berpotensi munculnya nodul pada pita suara.

3. Bernyanyi dengan gaya sendiri

Jika anda berprofesi sebagai penyanyi atau sedang menekuni dunia tarik suara, maka bernyanyilah dengan gaya anda sendiri. Hal ini karena jika anda menirukan gaya bernyanyi orang lain, hal tersebut justru dapat memaksakan pita suara anda untuk melakukan sesuatu diluar batas nyamannya. Hal ini dikarenakan setiap pita suara memiliki level vokal serta fisiologi yang berbeda - beda.

4. Banyak mengkonsumsi air putih


Untuk menjaga kesehatan pita suara, anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, maka tenggorokan anda akan senantiasa terhidrasi sehingga kesehatan pita suara anda tetap terjaga. 




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search