Monday, October 28, 2019

Granisetron : Obat Untuk Mencegah Mual Dan Muntah Akibat Kemoterapi

Granisetron : Obat Untuk Mencegah Mual Dan Muntah Akibat Kemoterapi


Kemoterapi merupakan suatu metode pengobatan kanker yang menggunakan obat - obatan atau bahan kimia secara penuh untuk membunuh sel - sel kanker. Proses pengobatan kemoterapi biasanya menimbulkan beberapa efek samping seperti rambut rontok, pusing, mual dan muntah. Sebelum melakukan kemoterapi, biasanya pasien akan diberikan obat antimual dan anti muntah terlebih dahulu oleh dokter. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mencegah mual dan muntah pada prosedur kemoterapi adalah granisetron. Granisetron merupakan obat yang digunakan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh prosedur perawatan kanker (kemoterapi). Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya mual dan muntah pada orang dewasa setelah prosedur operasi.

Granisetron termasuk kedalam kelas obat yang disebut penghambat 5-HT3. Obat ini bekerja dengan cara menghambat salah satu zat alami tubuh yaitu serotonin yang bisa menyebabkan muntah - muntah. Obat ini digunakan dengan cara dimasukan kedalam pembuluh darah melalui infus atau jarum suntik sesuai dengan yang diarahkan oleh dokter anda. Biasanya, dokter akan memberikan obat ini 30 menit sebelum anda menjalani kemoterapi kanker atau setelah operasi. Obat ini bisa diberikan langsung melalui pembuluh darah selama 30 detik, atau bisa juga dicampur dengan cairan intravena dan diberikan melalui pembuluh darah dalam waktu yang lebih lama, yaitu 5 menit. Granisetron merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis granisetron untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk mual dan muntah karena kemoterapi :
  • Melalui intravena : 10 mcg/kg selama 5 menit, permulaan 30 menit sebelum inisiasi kemoterapi.
  • Melalui oral : 2 mg, diberikan sampai 1 jam sebelum kemoterapi, atau 1 mg dua kali sehari.

Dosis dewasa untuk mual dan muntah karena radiasi :
  • 2 mg secara oral diberikan selama 1 jam radioterapi.

Dosis dewasa untuk mual dan muntah pasca operasi :
  • Melalui intravena : 1 mg dicairkan selama 30 detik, diberikan sebelum induksi anestesi.


Dosis granisetron untuk anak - anak

Dosis anak untuk mual dan muntah karena kemoterapi :
  • 2 - 16 tahun : 10 mcg/kg intravena, diberikan 30 menit sebelum prosedur kemoterapi.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, granisetron juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat granisetron, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Pusing
  • Demam
  • Rasa nyeri pada area yang disuntik




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search