Tuesday, October 15, 2019

Aripiprazole : Obat Terapi Untuk Penyakit Skizofrenia

Aripiprazole : Obat Terapi Untuk Penyakit Skizofrenia


Pernahkah anda melihat seorang pengidap skizofrenia ? mungkin sebagian orang masih asing ketika mendengar kata skizofrenia, bahkan banyak pula orang yang tidak tahu apa itu penyakit skizofrenia. Orang awam menyebut pengidap skizofrenia sebagai orang gila. Skizofrenia sendiri merupakan penyakit mental akut yang mempengaruhi cara berfikir, perasaan, dan perilaku seseorang. Penyakit ini dapat melumpuhkan kehidupan seseorang jika tanpa perawatan. Hal ini disebabkan karena pengidap skizofrenia akan diliputi halusinasi, kehilangan keinginan untuk merawat dirinya, tidak mengenali sekitarnya, tidak mampu mengontrol emosi, paranoid, bahkan tidak mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan.

Pengidap skizofrenia sering melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada, mendengar suara - suara yang sebenarnya tidak ada, atau percaya bahwa orang lain sedang mengendalikan pikiran mereka. Hal ini membuat pengidap skizofrenia menjadi takut dan menyebabkan perilaku yang tidak menentu. Meskipun tidak ada obatnya, pengobatan yang dilakukan biasanya ditujukan untuk mengendalikan gejala. Salah satu obat yang sering digunakan dalam terapi penyakit skizofrenia adalah aripiprazole. Aripiprazole merupakan obat yang sering digunakan dalam pengobatan skizofrenia dan gangguan bipolar. Obat ini digunakan dengan tujuan untuk mengurangi gejala depresi dan gangguan iritabilitas yang berhubungan dengan autisme.

Aripiprazole merupakan obat yang dapat mengurangi halusinasi dan meningkatkan konsentrasi. Obat ini juga dapat membantu anda untuk berfikir lebih jernih dan positif tentang diri anda. Aripiprazole dikenal sebagai obat antipsikotik. Obat ini bekerja dengan cara membantu mengembalikan keseimbangan kimia alami tertentu dalam otak. Aripiprazole dapat digunakan untuk mengobati gangguan mental atau gangguan suasana hati tertentu seperti gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan tourette, serta gangguan mental lainnya. Obat ini dapat mengatasi perubahan suasanan hati yang parah dan mengurangi frekuensi kejadian perubahan suasana hati.


Penggunaan obat

Aripiprazole merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Konsumsiliah obat ini sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Dosis obat aripiprazole diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang dilakukan. Ikuti petunjuk dokter mengenai cara mengkonsumsi obat ini. Jika anda menggunakan obat yang berbentuk cair, hati - hatilah dalam mengukur dosis. Gunakan sendok takar yang sudah tersedia didalam kemasan. Aripiprazole merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, aripiprazole juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping dari penggunaan obat aripiprazole. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat aripiprazole, yaitu :
  • Pusing
  • Sensasi melayang
  • Mengantuk
  • Mual
  • Muntah
  • Kelelahan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search