Wednesday, October 9, 2019

Atasi Mata Lelah Dengan Gerakan Senam Mata

Atasi Mata Lelah Dengan Gerakan Senam Mata


Mata merupakan salah satu organ tubuh yang harus di jaga kesehatannya. Hal ini karena mata merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk melihat. Jika mata kita tidak dapat melihat dengan jelas, atau bahkan jika kita kehilangan penglihatan, maka kita tidak dapat melihat indahnya dunia dan tentunya aktivitas sehari - hari kita akan terganggu. Oleh karena itulah kita harus selalu menjaga kesehatan mata supaya aktivitas kita sehari - hari tidak terganggu. Mata juga membutuhkan istirahat, setelah sepanjang hari menemani kita beraktivitas. Istirahatnya mata adalah ketika kita tertidur. Mata juga dapat mengalami kelelahan. Lelahnya mata kita dapat disebabkan karena menatap layar monitor atau handphone terus menerus, maupun menonton televisi terlalu dekat.

Mata yang mengalami kelelahan memiliki tanda sebagai berikut, yaitu mata terasa panas dan terbakar, mata kering atau berair, penglihatan kabur, dan mata terasa gatal. Oleh karena itu, mata juga memerlukan relaksasi supaya kembali segar. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mata lelah adalah dengan melakukan senam mata. Senam mata merupakan gabungan dari beberapa gerakan yang dipusatkan ke otot mata yang bertujuan untuk merelaksasi mata supaya tidak kaku.


Berikut ini merupakan beberapa gerakan senam mata, yaitu :

1. Sauna telapak tangan

Untuk memulai gerakan ini, gosoklah terlebih dahulu kedua telapak tangan anda secara bersamaan hingga terasa hangat. Kemudian pejamkanlah mata anda. Lalu, tempatkan kedua tangan dengan lembut untuk menutupi kedua mata, dengan posisi ujung-  ujung jari beristirahat di dahi, telapak tangan tepat diatas mata, dan tumit tangan bertumpu pada pipi. Jangan sampai menyentuh bola mata, tetapi berikan sedikit ruang sembari tetap memungkinkan kedua tangan berfungsi sebagai tirai untuk menciptakan kegelapan didepan mata. Lalu, tutuplah mata anda, tariklah nafas dalam - dalam, dan rileks-lah. Lemaskan mata dan nikmati waktu istirahat anda dari segala aktivitas visual. Teruslah berada dalam posisi ini sampai anda merasa lebih baik dari sebelumnya. Ketika anda siap untuk membuka mata, perlahan lepaskan tirai telapak tangan dan bukalah kedua mata.


2. Memutar mata

Gerakan selanjutnya adalah memutar mata. Anda dapat memulainya dengan duduk tegap sembari bernapas santai. Lembutkan pandangan anda dengan melemaskan otot - otot mata dan wajah. Arahkan pandangan and ake langit - langit lalu perlahan gerakkan mata anda melingkar searah jarum jam. Sembari melakukan gerakan tersebut, perlahan fokuskan pandangan anda pada obyek - obyek di sekitar jarak pandang anda selama anda melakukan gerakan putaran ini. Lakukan terus sampai gerakan mata terasa halus dan lancar. Ulangi gerakan ini sampai mata anda terasa nyaman.


3. Gonta - ganti fokus


Mata dapat menjadi cepat lelah dan kaku jika anda hanya menatap pada satu fokus saja selama berjam - jam, seperti menatap layar komputer selama berjam - jam saat bekerja, atau menatap layar hp selama berjam - jam ketika bermain game. Untuk melakukan gerakan ini, lemaskan tubuh anda dan bernapaslah dengan santai. Luruskan satu lengan dengan kepalan tangan longgar tepat sejajar didepan mata dan buka ibu jari mengarah keatas. Fokuskan pandangan pada ibu jari anda. Jagalah agar pandangan tetap melekat pada ibu jari sambil perlahan - lahan tarik ibu jari mendekati hidung sampai anda tidak bisa lagi fokus jelas mengarahnya. Lalu tariklah napas dalam -  dalam dan buanglah secara perlahan. Lalu regangkan tangan hingga kembali pada posisi awal  sembari menjaga fokus tetap di ibu jari. Ulangilah hingga sepuluh kali.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search