Wednesday, October 9, 2019

Canrenone : Obat Untuk Mengeluarkan Cairan Tubuh Yang Berlebihan

Canrenone : Obat Untuk Mengeluarkan Cairan Tubuh Yang Berlebihan



Anda mungkin sudah mengenal apa itu kondisi dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan yang membuat seseorang menjadi lemas bahkan pingsan. Tetapi, tahukah anda, ada kondisi yang lebih berbahaya dari dehidrasi, yaitu kondisi overhidrasi. Overhidrasi merupakan suatu kondisi ketika tubuh memiliki terlalu banyak cairan dan pada kasus yang parah, overhidrasi juga dapat mengakibatkan kematian. Overhidrasi terjadi ketika seseorang mengkonsumsi air secara berlebihan dalam waktu singkat. Hal ini mengakibatkan konsentrasi natrium yang ada didalam plasma darah menjadi sangat rendah. Tanda - tanda seseorang mengalami overhidrasi ringan yaitu mual, muntah, dan kram. Sedangkan pada kondisi overhidrasi sedang, tanda - tandanya adalah sakit kepala, perut terasa penuh, kedua tangan dan kaki membengkak.

Overhidrasi juga sering disebut dengan hipervolemia. Hipervolemia sendiri merupakan istilah medis yang menggambarkan kondisi ketika tubuh menyimpan terlalu banyak cairan. Kelebihan cairan tersebut bisa menumpuk diluar sel - sel tubuh atau di ruangan antar sel pada jaringan tertentu. Dalam keadaan normal, kadar cairan tubuh dikendalikan oleh ginjal. Ketika tubuh memiliki banyak cairan, maka ginjal akan meresponnya dengan memproduksi urine lebih banyak. Tetapi, jika tubuh mengalami kekurangan cairan, maka ginjal akan mengurangi bahkan menyetop produksi urine untuk sementara. Pada orang - orang yang mengalami hipervolemia, keseimbangan cara kerja ginjal menjadi terganggu sehingga tubuh tidak dapat mengeluarkan cairan tubuh yang berlebihan tersebut. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka cairan yang menumpuk tadi akan mengisi rongga dan jaringan dalam aliran darah.

Kondisi overhidrasi dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat - obatan berjenis diuretic, salah satunya adalah canrenone. Canrenone merupakan obat yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan tubuh yang berlebihan. Obat ini termasuk kedalam kategori obat diuretic. Canrenone sering diberikan untuk orang yang mengalami tekanan darah tinggi, penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit gagal jantung. Untuk mengkonsumsi obat ini, anda harus membaca aturan yang tertera pada kemasan dan selalu ikuti petunjuk dari dokter anda. Canrenone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis canrenone untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk hipertensi, edema refrakter, dan gagal jantung : 50 - 200 mg setiap hari. Dosis maksimal 300 mg setiap hari.


Dosis canrenone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini, belum ditemukan dosis canrenone yang tepat untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat -  obatan lainnya, canrenone juga memiliki efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan emrasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat canrenone, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Gangguan pencernaan
  • Ataksia
  • Kebingungan mental
  • Ruam kulit
  • Ginekomastia
  • Pembesaran payudara
  • Hirsutisme




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search