Wednesday, October 9, 2019

Dabigatran : Obat Untuk Mencegah Stroke Dan Penyumbatan Pembuluh Darah

Dabigatran : Obat Untuk Mencegah Stroke Dan Penyumbatan Pembuluh Darah


Stroke merupakan penyakit yang terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga jaringan otak menjadi kekurangan oksigen serta nutrisi. Jika hal ini terjadi, dalam beberapa menit beberapa sel otak akan mati. Dengan matinya beberapa sel otak, tentunya akan membuat beberapa fungsi tubuh menjadi terganggu bahkan tidak dapat kembali seperti semula. Penyakit ini merupakan kondisi yang dapat mengancam kehidupan seseorang serta dapat menimbulkan kerusakan permanen. Penyakit stroke dapat terjadi dan menyerang orang dari golongan usia berapapun. Gejala stroke sering terjadi secara tiba - tiba dan selalu hanya menyerang salah satu sisi tubuh saja. Anda dapat meminimalisir risiko terserang penyakit stroke dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan dan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mencegah penyakit stroke adalah dabigatran.

Dabigatran merupakan obat yang digunakan untuk mencegah stroke dan penyumbatan pembuluh darah yang berbahaya seperti jika terjadi pada kaki atau paru - paru, terlebih jika anda memiliki jenis penyakit denyut jantung tidak teratur atau fibrilasi atrium. Pada orang dengan fibrilasi atrium, Salah satu bagian dari jantung tidak bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan darah dan meningkatkan risiko terserang stroke atau serangan jantung. Dabigatran merupakan obat yang juga digunakan untuk mengobati penyumbatan pembuluh darah pada kaki anda atau pada paru - paru anda. Dabigatran merupakan obat antikoagulan yang bekerja dengan cara memblokir zat tertentu dalam darah anda. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga darah anda mengalir dengan lancar didalam tubuh anda.

Dabigatran merupakan obat yang tidak boleh digunakan untuk mencegah penyumbatan darah yang terbentuk setelah penggantian katup jantung buatan. Jika anda telah menjalani operasi katup jantung, maka bicaralah dengan dokter anda mengenai pengobatan terbaik untuk mengatasi penyakit anda. Selalu ikuti petunjuk dokter dalam menggunakan obat ini dan bacalah dosis yang tertera pada kemasan obat. Dabigatran dapat dikonsumsi dengan makanan maupun tanpa makanan. Untuk mencegah terjadinya penggumpalan atau penyumbatan darah setelah operasi pinggul atau penggantian lutut, gunakan seperti yang telah diarahkan oleh dokter anda biasanya sekali sehari. Dabigatran merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.



Dosis dabigatran untuk dewasa
  • Dosis dewasa untuk deep vein thrombosis : Gunakan dosis sebanyak 150 mg secara oral 2 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk pencegahan tromboemboli pada fibrilasi atrial : Gunakan dosis sebanyak 150 mg secara oral dua kali sehari.
  • Penyesuaian dosis ginjal : Gunakan dosis sebanyak 150 mg secara oral 2 kali sehari.


Dosis dabigatran untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis dabigatran untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan pada pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, dabigatran juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dabigatran, yaitu :
  • Sakit perut, gangguan pencernaan, diare.
  • Terasa mual.
  • Ruam kulit ringan atau gatal - gatal.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search