Monday, October 28, 2019

Dacarbazine : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Penyakit Kanker

Dacarbazine : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Penyakit Kanker


Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengobatan kemoterapi. Terlebih lagi jika ada keluarga anda yang tengah menjalani pengobatan dengan metode tersebut. Perlu anda ketahui bahwa kemoterapi merupakan metode pengobatan penyakit menggunakan obat - obatan. Jadi, pengobatan dengan metode ini menggunakan bahan kimia dalam bentuk obat - obatan secara penuh untuk membunuh sel - sel kanker. Pengobatan dengan metode kemoterapi bekerja dengan cara menargetkan sel - sel yang tumbuh dan membelah dengan kecepatan yang tidak normal atau abnormal, termasuk sel kanker. Tidak seperti prosedur operasi maupun terapi radiasi, pengobatan dengan metode kemoterapi tidak menargetkan pada suatu area yang spesifik, sehingga dapat berefek ke seluruh tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pengobatan dengan metode kemoterapi menggunakan bahan kimia dalam bentuk obat - obatan secara penuh untuk membunuh sel kanker. Salah satu obat yang sering digunakan dalam metode kemoterapi adalah dacarbazine. Dacarbazine merupakan obat yang digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu, seperti kanker kulit yang telah menyebar dan penyakit Hodgkin. Dacarbazine merupakan jenis obat yang digunakan dalam pengobatan kemoterapi yang dapat digunakan secara tunggal maupun dikombinasikan dengan obat lain untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Obat ini dimasukkan kedalam tubuh dengan cara disuntikkan kedalam pembuluh darah oleh dokter. Dacarbazine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis dacarbazine untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk malignant melanoma :
  • 2 - 4,5 mg/kg melalui intravena sekali sehari selama 10 hari.

Dosis dewasa untuk penyakit Hodgkin :
  • 150 mg melalui intravena sekali sehari selama 5 hari, dan diulang setiap 4 minggu.


Dosis dacarbazine untuk anak - anak
  • Hingga saat ini, belum ditemukan dosis dacarbazine yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan kepada anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, dacarbazine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat dacarbazine. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dacarbazine, yaitu :
  • Kehilangan selera makan
  • Diare
  • Kerontokan rambut sementara
  • Ruam kulit ringan
  • Mati rasa, panas, kemerahan, atau perasaan geli di wajah




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search