Monday, October 28, 2019

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Sinusitis

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Sinusitis


Anda pasti sudah sering mendengar tentang penyakit yang satu ini. Sinusitis merupakan infeksi dan pembengkakan yang terjadi pada hidung atau lebih tepatnya pada kelenjar sinus. Gejala sinusitis dapat terjadi secara tiba - tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup pendek yaitu sekitar 4 minggu. Sinusitis yang terjadi pada kurun waktu 4 minggu disebut dengan sinusitis akut. Sedangkan, jika gejala sinusitis berlangsung dalam waktu yang lama (kurang lebih sekitar 3 bulan) dan sering kambuh, maka disebut dengan sinusitis kronis. Sinusitis sendiri adalah penyakit yang umum terjadi dan dapat terjadi pada semua orang.

Sinusitis merupakan kondisi terjadinya pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus. Sinus yang sehat, seharusnya dipenuhi dengan udara. Tetapi, ketika sinus tersumbat oleh cairan, maka kelenjar sinus tersebut akan dipenuhi kuman dan menyebabkan terjadinya infeksi. Untuk mengobati penyakit sinusitis, dokter biasanya akan merekomendasikan penggunaan obat sinusitis semprot atau obat sinusitis tetes dekongestan. Dokter mungkin akan memberikan obat antihistamin untunk mengurangi gejala pembengkakan yang terjadi pada kelenjar sinus.


Sedangkan, untuk pengobatan sinusitis secara alami, anda dapat menggunakan beberapa bahan sebagai berikut :

1. Jahe

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman yang satu ini ? Jahe sudah dikenal sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Jahe juga sering diolah menjadi minuman sehat yang bisa memberikan efek hangat pada tubuh anda. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk membantu meringankan infeksi sinusitis dengan kandungan antiradang alami yang mampu mengurangi pembengkakan pada selaput hidung. Beberapa penelitian menunjukkan peranan jahe dalam pengobatan penyakit sinusitis, yaitu dengan cara menekan produksi lendir dan meringankan pusing yang terjadi pada kepala anda.

2. Cuka sari apel

Kebanyakan orang mengenal cuka hanya sebagai penguat rasa pada makanan. Padahal, cuka juga memiliki manfaat lain yaitu dapat membantu mengatasi penyakit sinusitis. Cuka yang digunakan untuk mengobati penyakit sinusitis adalah cuka sari apel. Hal ini dikarenakan cuka sari apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium. Berbagai nutrisi yang terkandung didalam cuka sari apel ternyata mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat sinusitis. Sebuah studi yang dilakukan oleh university of north Carolina school of medicine menyatakan bahwa cuka sari apel memiliki manfaat utnuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, perlu anda ingat bahwa penggunaan cuka sari apel bukanlah sebagai pengganti antibiotik dari dokter, melainkan hanya dipakai untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

3. Bawang putih


Bawang putih sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari - hari masyarakat indonesia. Umumnya, kita menggunakan bawang putih sebagai bumbu tradisional dalam berbagai olahan makanan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit sinusitis. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama musim dingin mampu menghangatkan tubuh sekaligus dapat menyembuhkan gejala flu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa allicin pada bawang putih yang mampu membunuh berbagai bibit penyakit. Bawang putih dikenal memiliki rasa yang pedas dan aroma yang tajam. Oleh karena itu, untuk mengkonsumsi bawang putih anda dapat mencampurkannya dengan jus tomat atau jus lemon yang dipanaskan didalam panci selama beberapa menit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search