Monday, October 28, 2019

Ketahui Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Orang Bertubuh Gemuk

Ketahui Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Orang Bertubuh Gemuk


Memiliki tubuh yang sehat dan kuat tentunya menjadi dambaan bagi semua orang. Baik pria maupun wanita pasti sangat menginginkan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, anda tentunya harus rutin berolahraga. Sekarang ini, olahraga telah menjadi gaya hidup bagi masyarakat modern. Banyak sekali tempat gym yang bermunculan dan menawarkan segala fasilitasnya, hingga peran pemerintah dalam menyediakan sarana olahraga yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat umum. Olahraga bukan lagi menjadi hal sulit dan tidak memerlukan biaya untuk melakukannya. Siapapun dapat berolahraga, asalkan memiliki kemauan yang kuat, termasuk bagi orang - orang bertubuh gemuk.

Orang yang memiliki tubuh gemuk umumnya memiliki daya tahan fisik yang lemah karena tidak pernah berolahraga. Lalu, ketika mereka mencoba untuk berolahraga, mereka langsung merasakan kelelahan yang luar biasa sehingga mereka tidak mau berolahraga lagi. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan bagi orang - orang yang memiliki tubuh gemuk, terlebih lagi bagi mereka yang menginginkan perubahan pada bentuk tubuhnya. Diperlukan niat dan kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan. Hal yang harus ditanamkan dalam hati adalah dengan berolahraga, membuat tubuh menjadi sehat dan kuat serta dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Orang gemuk atau yang memiliki berat badan berlebih tentunya akan merasakan beban tekanan yang sangat besar pada lutut, pinggang, panggul, dan pergelangan kaki saat beraktivitas. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tulang, orang yang bertubuh gemuk dianjurkan untuk melakukan olahraga berjenis low impact. Olahraga jenis low impact merupakan segala jenis olahraga yang minim terjadinya tekanan pada persendian. Olahraga jenis low impact tidak menggunakan gerakan melompat dan biasanya ada satu kaki yang berada ditanah atau dilantai sepanjang waktu. Anda bisa mulai melakukan olahraga jenis low impact dengan gerakan pemanasan selama 5 menit dan mengakhirinya dengan gerakan pendinginan selama 5 menit. Durasi setiap kali latihan adalah 30 menit dengan frekuensi 4 sampai 5 kali latihan tiap minggu.


Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang cocok bagi orang yang bertubuh gemuk, yaitu :

1. Jalan kaki

Olahraga yang paling mudah dilakukan oleh orang yang bertubuh gemuk adalah jalan kaki. Olahraga ini tidak membutuhkan biaya sama sekali dan juga tidak membutuhkan perlengkapan yang terlalu banyak. Meskipun olahraga jalan kaki tidak membakar banyak kalori, tetapi ketika dilakukan oleh orang yang bertubuh gemuk, maka dapat memberikan efek positif seperti dapat menguatkan sendi lutut, dan melatih jantung. Olahraga jenis ini juga efektif untuk membakar lemak pada orang yang bertubuh gemuk karena mereka memiliki beban yang berkali - kali lipat lebih besar dibandingkan orang dengan tubuh ideal, sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak dan menghasilkan pembakaran kalori yang lebih banyak pula.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang termasuk aman dilakukan oleh orang yang bertubuh gemuk. Olahraga ini juga dapat membakar lebih banyak kalori dibanding dengan olahraga jalan kaki. Ketika bersepeda, mulailah dengan pelan - pelan selama 5 menit. Lalu kayuhlah pedal sepeda tanpa henti selama 5 menit kemudian istirahat. Ulangi proses ini hingga anda merasa mampu untuk menambah durasinya.

3. Latihan otot


Melatih kekuatan otot juga diperlukan oleh orang yang bertubuh gemuk. Selain dapat memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan proses metabolisme tubuh, latihan otot juga dapat membangun otot lebih banyak. Ketika Tubuh anda membangun otot lebih banyak, hal ini akan meningkatkan proses metabolisme tubuh anda ketika sedang beristirahat. Semakin tinggi proses metabolisme yang terjadi, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search