Monday, October 28, 2019

Dinoprostone : Obat Untuk Membantu Melancarkan Persalinan

Dinoprostone : Obat Untuk Membantu Melancarkan Persalinan


Persalinan umumnya dikenal masyarakat sebagai proses melahirkan bayi. Persalinan yang kita ketahui umumnya adalah persalinan normal dan persalinan caesar. Persalinan normal merupakan suatu proses persalinan yang  terjadi secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu dan dilalui dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi. Sedangkan persalinan caesar merupakan proses persalinan yang dilalui dengan metode pembedahan untuk mengeluarkan bayi. Persalinan caesar umumnya dilakukan jika kondisi ibu tidak memungkinkan untuk dilakukan persalinan normal. Selain persalinan caesar yang diperlakukan secara khusus, persalinan normal juga memerlukan perhatian lebih. Hal ini Karena proses persalinan normal lebih berisiko terhadap keselamatan ibu dan bayi.

Untuk membantu memperlancar proses persalinan normal, dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat - obatan untuk mempermudah bayi keluar. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mempermudah persalinan adalah dinoprostone. Dinoprostone merupakan obat yang digunakan untuk membantu mempersiapkan serviks menuju proses persalinan. Obat ini digunakan pada wanita yang mengalami persalinan normal dan yang berada pada atau dekat tanggal perkiraan waktu persalinan. Dinoprostone adalah zat alami yang digunakan oleh tubuh anda untuk mempersiapkan persalinan. Obat ini berguna untuk merilekskan serta melembutkan leher rahim anda agar memungkinkan bayi melewati jalan lahir selama proses persalinan.

Dinoprostone digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina dekat leher rahim anda yang dilakukan oleh dokter atau perawat. Anda biasanya akan diinstruksikan untuk berbaring selama obat diterapkan. Dan anda juga diharuskan untuk tetap berbaring hingga 2 jam setelah insersi. Obat ini hanya boleh digunakan di rumah sakit dan dengan perawat medis yang terlatih. Perubahan yang terjadi pada serviks anda akan terus dipantau. Dinoprostone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan meletekkan obat ini pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis dinoprostone untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk induksi melahirkan :
  • Gel serviks : Pemeriksaan vagina yang dilakukan secara hati - hati akan menunjukkan tingkat penipisan yang akan mengatur ukuran kateter endoserviks terlindung untuk digunakan. Jika tidak terjadi penipisan, gunakan 20 mm kateter endoserviks. Sedangkan jika terjadi penipisan, gunakan kateter endoserviks sebanyak 10 mm.
  • Vaginal insert : 10 mg dirancang untuk dirilis pada sekitar 0,3 mg/jam selama 12 jam. Dinoprostone untuk vaginal insert harus dilepas pada awal persalinan aktif atau 12 jam setelah insersi.


Dosis dinoprostone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat dinoprostone untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, dinoprostone juga memiliki efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping dari obat dinoprostone. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dinoprostone, yaitu :
  • Demam
  • Pendarahan vagina secara tiba-tiba
  • Batuk
  • Mual dan sakit perut
  • Nyeri punggung




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search