Monday, October 28, 2019

Ketahui Bahan Alami Untuk Meredakan Gejala Psoriasis

Ketahui Bahan Alami Untuk Meredakan Gejala Psoriasis


Psoriasis merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang banyak terjadi di masyarakat. Penyakit kulit ini termasuk penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat. Hal ini mengakibatkan sel kulit baru terus menumpuk di permukaan hingga membentuk bercak merah, tebal, dan bersisik. Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Selain karena adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh seseorang, psoriasis juga bisa dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam tubuh maupun faktor eksternal. Seseorang yang mengalami psoriasis akan memiliki kulit bersisik dan bercak merah gatal yang terkadang terasa menyakitkan.

Psoriasis merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Orang yang mengidap penyakit ini akan memilikinya seumur hidup. Namun, gejala psoriasis dapat datang dan pergi, selama anda menjaga kesehatan tubuh anda. Pengobatan terhadap penyakit psoriasis difokuskan untuk mengendalikan gejala agar tidak muncul dan untuk meredakan keparahannya. Dokter biasanya akan memberikan krim kortikosteroid, terapi cahaya, atau penyuntikan retinoid. Selain menggunakan pengobatan kimiawi, anda juga dapat meredakan gejala psoriasis dengan bahan - bahan alami.


Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan gejala psoriasis, yaitu :

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal luas oleh masyarakat mengenai khasiatnya yang sangat bagus untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki senyawa yang bersifat antibakteri dan antiradang. Dalam bentuk gel dan krim, ekstrak lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit dan melawan bakteri yang menyebabkan infeksi. Gel lidah buaya sering digunakan sebagai produk perawatan kulit dan untuk mengobati luka bakar ringan. Selain itu, menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2013 dan diterbitkan didalam jurnal british journal of dermatology menyebutkan bahwa lidah buaya juga memiliki potensi untuk mengobati psoriasis. Untuk mendapatkan manfaat ini, pasien hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami psoriasis.

2. Kunyit

Kunyit telah lama dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai salah satu bumbu dapur dan juga merupakan pewarna alami untuk makanan. Kunyit juga sering diolah menjadi jamu tradisional yang dapat menyehatkan serta menyegarkan badan. Selain itu, kunyit juga memiliki manfaat yaitu dapat mengurangi gejala akibat penyakit psoriasis. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan polifenol, yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki sifat antivirus, antiradang, antibakteri, dan antijamur. Sifat antiradang pada kunyit ini yang disinyalir mampu membantu meredakan gejala psoriasis. Tidak seperti krim lidah buaya yang harus dioleskan ke kulit, pasien psoriasis hanya perlu meminum ekstrak kunyit dalam bentuk suplemen maupun jamu tradisional.

3. Mahonia aquifolium


Tanaman ini mungkin masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Mahonia aquifolium juga dikenal dengan nama lain Oregon grape. Tanaman ini sudah digunakan sejak lama sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai jenis peradangan, termasuk psoriasis. Hal ini karena mahonia aquifolium memiliki kandungan berberin yang bertugas untuk menekan peradangan yang terjadi didalam tubuh. Selain itu, tanaman ini juga memiliki senyawa aktif antiproliferatif yang mampu memperlambat pertumbuhan sel - sel kulit sehingga mengurangi efek kulit berisisik pada pasien psoriasis.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search