Monday, October 28, 2019

Ketahui Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mengalami Gatal - Gatal

Ketahui Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mengalami Gatal - Gatal


Ketika kita merasa gatal pada salah satu bagian tubuh, biasanya kita akan meresponnya dengan menggaruk bagian tubuh yang gatal. Padahal cara ini tidak dibenarkan, karena rasa gatal terbut justru akan menyebar. Gatal atau pruritus merupakan suatu sensasi yang menimbulkan keinginan atau refleks menggaruk. Rasa gatal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti gigitan serangga dan reaksi alergi. Anda tidak perlu khawatir ketika merasakan gatal, karena gatal merupakan respon tubuh normal untuk melindungi tubuh dari zat - zat berbahaya yang berasal dari luar tubuh seperti parasit maupun gigitan serangga. Rasa gatal tersebut tentunya dapat membuat kita menjadi jengkel dan dapat mengganggu aktivitas jika rasa gatal tersebut tak kunjung hilang.

Meskipun telah diberikan obat ruam, rasa gatal dapat semakin parah jika anda melakukan hal yang dapat memperparah kondisi tersebut.


Berikut ini merupakan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika anda merasakan gatal pada kulit, yaitu :

1. Menggaruk kulit yang gatal

Ketika seseorang merasakan gatal, maka otaknya akan memerintahkan tangan untuk menggaruk area yang gatal. Untuk sementara, rasa gatal dapat hilang setelah digaruk. Tetapi, semakin keras anda menggaruk, maka semakin besar pula gesekan yang terjadi pada kulit anda. Hal ini tentunya dapat membuat kulit anda justru menjadi lecet, terasa perih, dan dapat menyebabkan infeksi. Cara meredakan rasa gatal yang dianjurkan adalah dengan menepuk beberapa kali area kulit yang terasa gatal. Lalu, dilanjutkan dengan kompres air dingin untuk meringankan rasa gatal.

2. Salah pakai krim anti gatal

Hal selanjutnya yang dapat and alakukan untuk mengobati rasa gatal adalah dengan menggunakan krim anti gatal. Anda dapat mengoleskan krim atau lotion anti gatal pada area yang bermasalah. Dalam obat gatal, biasanya terkandung beberapa zat aktif seperti kalamine, hidrokortison, diphenhydramine, urea, dan lauromacrogol. Semua baahan aktif tersebut diketahui dapat menghilangkan rasa gatal sehingga anda tidak perlu lagi menggaruknya. Selain dapat meredakan gatal, lauromacrogol juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Jika ruam kulit sudah mengalami lecet, maka zat aktif centella asiatica dapat berguna untuk meredakan kulit yang mengalami isolasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

3. Berendam terlalu lama dan membiarkan tubuh dalam keadaan berkeringat


Pernahkah anda mendengar cerita bahwa kulit gatal dapat dihilangkan dengna berendam dalam larutan baking soda ? Meskipun anda dapat menggunakan cara ini untuk meredakan gatal, tetapi berendam terlalu lama dapat membuat kulit anda menjadi kering. Kulit kering juga dapat menimbulkan rasa gatal jika berendam dalam air hangat terlalu lama. Anda hanya diperbolehkan berendam tidak lebih dari 20 menit. Pastikan juga air yang digunakan untuk berendam tidak terlalu panas. Selain itu, membiarkan tubuh berkeringat juga dapat membuat rasa gatal yang anda alami semakin memburuk. Setelah berolahraga, sebaiknya segera ganti baju anda dengan baju yang lebih kering dan segera bersihkan tubuh anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search