Monday, October 28, 2019

Ketahui Manfaat Kedelai Hitam Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Kedelai Hitam Bagi Kesehatan


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kacang kedelai. Kacang kedelai banyak diolah menjadi berbagai macam makanan seperti tempe, tahu, kacang kedelai rebus, dan dapat diolah juga menjadi susu kedelai. Kacang kedelai yang kita kenal umumnya merupakan jenis kacang kedelai putih. Tetapi, ternyata ada pula kacang kedelai yang bewarna hitam. Kacang kedelai hitam lebih sering diolah menjadi kecap. Tetapi, ternyata kacang kedelai hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini akan kita bahas mengenai manfaat kacang kedelai hitam bagi kesehatan.

Kedelai atau kacang kedelai termasuk kedalam jenis tanaman polong - polongan. Kedelai sering menjadi bahan dasar berbagai jenis makanan di asia timur seperti kecap, tempe, dan tahu. Tanaman kedelai diperkirakan telah mulai dibudidayakan di asia timur sekitar 3.500 tahun yang lalu. Salah satu jenis kacang kedelai yang dapat dimanfaatkan adalah jenis kedelai hitam. Kacang kedelai hitam sering diolah menjadi kecap manis. Selain dapat diolah menjadi kecap, kacang kedelai hitam juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi kacang kedelai hitam juga tidak kalah banyak dengan kacang kedelai putih.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kacang kedelai hitam bagi kesehatan, yaitu :

1. Mencegah stroke dan serangan jantung

Kacang kedelai hitam diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi dan berpotensi dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL. LDL sendiri merupakan kependekan dari Low Density Lipoprotein yang merupakan kolestrol jahat pemicu terbentuknya plak pada pembuluh darah. Kedelai hitam juga mengandung puluhan jenis antioksidan yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika pembuluh darah sehat, maka darah dapat mengalir dengan lancar dan risiko terserang penyakit jantung pun semakin berkurang.

2. Berpeluang mencegah kanker

Mungkin belum banyak orang yan gmengetahui bahwa kedelai hitam ternyata memiliki manfaat dapat mencegah kanker. Kacang kedelai hitam memiliki kandungan antosianin dan saponin. Antosianin diketahui dapat menghambat perkembangan tumor pada usus, payudara, perut, prostat, ovarium, hingga rahim. Sedangkan saponin diketahui dapat mencegah sel kanker masuk kedalam aliran darah sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

3. Aman bagi penderita diabetes

Mengkonsumsi kedelai hitam ternyaat tidak hanya bermanfaat bagi jantung, tetapi juga baik bagi penderita diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap pengidap diabetes tipe 2, diketahui bahwa mengkonsumsi kacang kedelai hitam dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, lemak, dan insulin dalam darah. Serat yang ada pada kacang kedelai hitam juga dapat mencegah terjadinya obesitas yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes.

4. Menjaga kesehatan tulang


Kacang kedelai hitam diketahui juga memiliki kandungan magnesium, kalsium, fosforzat besi, dan zinc yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium berfungsi untuk menjaga struktur tulang agar selalu kokoh. Sedangkan zat besi dan zinc sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan serta kelenturan tulang dan sendi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search