Tuesday, October 15, 2019

Ketahui Cara Mencegah Ambeien Kambuh Kembali

Ketahui Cara Mencegah Ambeien Kambuh Kembali


Ambeien atau wasir merupakan kondisi membengkaknya pembuluh darah yang terdapat di anus dan mengakibatkan iritasi, nyeri, hingga terjadi pendarahan pada area tersebut. Ambeien dapat muncul didalam rectum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau disekitar anus (dubur). Ambeien biasanya disebabkan karena sering mengejan saat buang air besar.


Penyakit ambeien terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  • Internal hemorrhoid : Ambeien jenis ini muncul didalam saluran rectum anda. Internal hemorrhoid biasanya tidak menyebabkan nyeri, tetapi menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid : Ambeien jenis ini terletak diluar anus, mungkin terasa gatal dan nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Penyakit ambeien dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya asupan serat, terlalu sering mengejan saat BAB, dan sebagainya. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghilangkan berbagai faktor tersebut.


Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah ambeien kambuh kembali, yaitu :

1. Menambah asupan serat

Serat adalah sejenis mineral yang tidak mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Meskipun sulit dicerna, serat sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Bahkan, kekurangan serat bisa menyebabkan terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit. Sembelit akan membuat anda lebih sering mengejan ketika buang air besar. Kebiasaan ini tentunya dapat memberikan tekanan berlebih pada anus sehingga pembuluh darah disekitarnya mengalami pembengkakan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah ambeien kambuh kembali adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti biji - bijian, buah, sayuran, dan kacang - kacangan.

2. Tidak menunda buang air besar

Menunda buang air besar dapat menyebabkan terjadinya penumpukan feses, dan membuat feses anda menjadi keras sehingga sulit untuk mengeluarkannya. Jika feses anda keras, pastinya anda akan mengejan lebih keras untuk mengeluarkannya. Jika hal ini menjadi kebiasaan, tentunya dapat menyebabkan terjadinya ambeien. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan menunda - nunda buang air besar. Supaya lebih teratur, cobalah membiasakan diri untuk buang air besar pada jam yang sama setiap hari.

3. Aktif bergerak dan berolahraga

Salah satu penyebab ambeien adalah karena anda sering duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk terlalu lama akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah yang ada di anus. Namun, gerakan tubuh dapat mengurangi tekanan tersebut sekaligus dapat mencegah sembelit. Risiko kambuhnya ambeien bahkan akan semakin menurun jika anda rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

4. Mengkonsumsi cukup cairan


Asupan air juga memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan pencernaan anda. Jika anda mengalami kekurangan asupan air, meskipun anda telah cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, tetapi masih belum cukup untuk membuat tekstur feses menjadi lunak, sehingga anda tetap akan mengalami sembelit. Oleh karena itu, perbanyaklah asupan cairan tubuh anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search