Tuesday, October 15, 2019

Deferiprone : Obat Untuk Mengatasi penyakit Kelainan Darah

Deferiprone : Obat Untuk Mengatasi penyakit Kelainan Darah


Darah merupakan salah satu komponen utama yang menyusun tubuh manusia. Darah memiliki fingsi yang sangat vital, yaitu memasok oksigen ke seluruh tubuh. Tetapi, tidak semua orang memiliki kondisi darah yang normal. Ada beberapa orang yang memiliki komposisi darah yang tidak normal sehingga menyebabkan kinerjanya menjadi kurang optimal. Penyakit kelainan darah ini disebut dengan nama thalassemia. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang diwariskan dalam silsilah keluarga. Penyakit ini ditandai dengan produksi hemoglobin yang berbentuk abnormal, berukuran terlalu kecil, atau jumlah yang terlalu sedikit atau tidak memadai. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut balik karbondioksida ke paru - paru untuk dikeluarkan.

Penyakit thalassemia disebabkan oleh mutasi DNA yang menyebabkan terjadinya kecacatan pada salah satu atau kedua protein penyusun hemoglobin, yaitu alfa globin dan beta globin. Semakin banyak jumlah gen yang bermutasi, maka akan semakin parah pula penyakit thalassemia yang dialami. Penyakit kelainan darah ini dapat menyebabkan sebagian besar sel darah merah hancur sehingga menimbulkan gejala khas seperti anemia, yaitu lemah, letih, dan lesu. Thalassemia adalah penyakit keturunan, sehingga risiko utama terjadinya penyakit ini adalah faktor genetik atau mutasi genetik yang diwariskan dalam keluarga. Penyakit thalassemia tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan dan diringankan gejalanya. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit thalassemia adalah deferiprone.

Deferiprone merupakan obat yang umumnya digunakan untuk kelainan darah karena penyakit thalassemia atau terlalu banyak zat besi dalam tubuh karena terlalu sering melakukan tranfusi darah. Tranfusi darah memang dapat membantu orang dengan kelainan darah, tetapi juga dapat membawa terlalu banyak zat besi pada tubuh. Sangat penting untuk membuang kelebihan zat besi dari dalam tubuh, karena kelebihan zat besi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti gagal jantung, penyakit liver, dan diabetes. Deferiprone juga dapat digunakan jika anda mengalami kesulitan untuk menggunakan obat - obatan penghilang zat besi atau kadar zat besi anda tetap tinggi setelah menggunakan obat - obatan tersebut.

Deferiprone merupakan obat yang termasuk kedalam golongan iron chelators. Obat ini bekerja dengan cara menempel pada zat besi dan membantu tubuh mengeluarkan kelebihan zat besi melalui urin. Deferiprone dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan atau sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter anda. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis anda, berat badan, dan respon anda terhadap pengobatan yang dilakukan. Pengobatan dapat disesuaikan atau dihentikan jika anda mengalami efek samping yang serius. Deferiprone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis deferiprone untuk orang dewasa
  • Dosis rekomendasi : 25 mg/kg, dikonsumsi 3 kali sehari dengan total 75 mg/kg/hari.


Dosis deferiprone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat deferiprone untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya bila dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, deferiprone juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat deferiprone, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri pada perut dan sendi
  • Lemah dan lesu
  • Sakit kepala



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search