Tuesday, October 15, 2019

Mengenal Penyakit Kutil Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyakit Kutil Dan Cara Mengatasinya


Apakah anda memiliki kutil pada tubuh anda ? lalu, tahukah anda mengapa bisa ada kutil di tubuh anda ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit kutil dan cara mengatasinya. Kutil merupakan infeksi yang terjadi pada lapisan kulit luar atau epidermis. Infeksi yang ditimbulkan ini membuat kulit tumbuh dan menebal, serta menyebabkan pertumbuhan tumor jinak. Kutil dapat tumbuh pada bagian kulit manapun, tetapi paling sering terjadi pada bagian tangan, lutut, dan kaki. Penyakit ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) yang menyerang lapisan kulit luar. Virus HPV menyebabkan Produksi keratin yang berlebihan, sehingga membentuk tekstur kulit yang kasar dan tebal.

Virus penyebab kutil menyebar melalui kontak kulit ke kulit seperti pemakaian handuk secara bersama - sama atau pemakaian sepatu secara bergantian. Meskipun risiko kutil menular dari orang ke orang tergolong rendah, tapi nyatanya kutil dapat ditularkan, terutama jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan kekebalan tubuh yang rendah. Terdapat beberapa jenis kutil yang disebabkan oleh virus HPV. Meskipun terlihat berbeda secara fisik, namun nyatanya semua jenis kutil disebabkan oleh hal yang sama.


Berikut ini merupakan beberapa jenis kutil yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Kutil biasa (veruka vulgaris)

Verika vulgaris merupakan jenis kutil yang memiliki permukaan yang keras, kasar, dan tampak seperti kembang kol serta dapat tumbuh pada bagian tubuh manapun. Kutil jenis ini paling sering berkembang pada jari, sikut, lutut, atau area kulit yang rusak.

2. Kutil telapak kaki (veruka plantaris)

Kutil jenis ini sering muncul pada tumit atau telapak kaki. Veruka plantaris memiliki titik - titik hitam yang dikelilingi oleh jaringan putih yang keras. Selain itu, jenis kutil ini dapat terasa sakit saat anda menekannya dan termasuk jenis kutil yang sulit dihilangkan.

3. Kutil datar (flat wart)

Kutil jenis ini memiliki bentuk bulat, halus, dan seringkali berwarna kuning. Flat wart paling sering muncul di wajah, leher, punggung tangan, atau kaki. Kutil datar merupakan jenis kutil yang paling sering muncul pada area yang terpapar sinar matahari. Meskipun kutil ini memiliki bentuk yang lebih besar, namun flat wart dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

4. Kutil kelamin

Kutil kelamin disebarkan melalui kontak seksual dan merupakan jenis infeksi menular seksual yang paling umum didiagnosis. Jika anda memiliki kutil jenis ini, segera periksakan diri anda ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.



Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghilangkan kutil yang dapat anda coba:

1. Asam salisilat

Cara pertama untuk menghilangkan kutil adalah menggunakan asam salisilat. Asam salisilat bekerja dengan cara menghilangkan lapisan kutil sedikit demi sedikit. Penelitian menunjukkan bahwa pemakaian asam salisilat akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan cryotherapy.

2. Cryotherapy


Metode ini dilakukan dengan cara memberikan nitrogen cair pada kutil. Cryotherapy bekerja dengan cara menyebabkan terbentuknya lepuh dibawah dan disekitar kutil. Kemudian, jaringan mati akan terkelupas dalam waktu seminggu atau lebih. Efek samping dari metode ini adalah dapat menyebabkan nyeri pada kulit, kulit melepuh, dan terjadi perubahan warna pada area yang sedang dalam perawatan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search