Tuesday, October 15, 2019

Ketahui Fakta Medis Buah Zuriat

Ketahui Fakta Medis Buah Zuriat


Anda pasti pernah melihat iklan diberbagai media sosial tentang buah zuriat. Menurut iklan tersebut, buah zuriyat dipercaya memiliki khasiat dapat menyuburkan kandungan dan menjadi makanan yang tepat untuk program promil. Buah zuriat sendiri merupakan buah yang berasal dari Negara - Negara timur tengah. Berdasarkan jenisnya, buah zuriat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu buah zuriat madinah, buah zuriat mesir, dan buah zuriat sudan. Buah zuriat atau yang biasa disebut oleh masyarakat timur tengah sebagai buah dhoum memiliki nama ilmiah hyphaene thebaica. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran 6 x 5 cm, memiliki warna kuning hingga coklat. Buah zuriat memiliki rasa yang manis seperti roti jahe.


Karena bukan berasal dari Negara Indonesia, maka anda perlu mengetahui ciri - ciri dari buah zuriat yang asli, yaitu :
  • Secara bentuk : Buah zuriat cenderung memiliki bentuk dan ukuran yang hampir mirip dengan buah manggis dan sawo.
  • Secara warna : Buah zuriat yang sudah layak dikonsumsi memiliki warna coklat tua dan coklat muda untuk jenis buah zuriat mesir, sudan, dan sekitarnya.
  • Secara fisik : Buah zuriat memiliki fisik cangkang atau kulit luar yang lumayan keras, sehingga diperlukan alat bantu untuk membelah buah ini.
  • Secara isi : Buah zuriat memiliki biji didalamnya. Ketika biji itu dibelah, maka akan timbul daging buah yang mirip seperti kelapa tetapi memiliki tekstur yang lebih tebal.
  • Memiliki aroma : Buah zuriat juga memiliki aroma yang cukup enak seperti aroma kopi.

Hingga saat ini, belum ada penelitian valid yang menyebutkan bahwa buah zuriat ampuh untuk menyuburkan kandungan. Namun, penelitian yang dilakukan dimesir menyatakan bahwa buah dhoum atau buah zuriat memiliki kandungan antioksidan. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan diketahui dapat meregenerasi sel - sel reproduksi.


Selain potensinya yang baik untuk menunjang kesehatan reproduksi, peneliti juga menemukan beberapa manfaat lain dari buah zuriat, diantaranya :

1. Mengurangi plak dalam pembuluh darah

Penelitian yang dilakukan dimesir menemukan fakta bahwa buah zuriat memiliki kandungan turunan fenol seperti tirosol 3-OH, asam E-vanilic, catechin, dan asam klorogenat yang cukup tinggi. Selain itu, dalam buah ini juga ditemukan kandungan asam alpha - coumaric, asam cinnamic, dan coumarin. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2014 juga menemukan fakta bahwa fenol yang ada dalam ekstrak buah zuriat dapat mengurangi kondisi hiperlipidemia pada sindrom nefrotik dan bermanfaat untuk menurunkan risiko penyempitan atau penebalan arteri.

2. Mengandung vitamin B kompleks


Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, buah dhoum atau buah zuriat juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks. Namun, anda jangan terlalu lama merebus buah zuriat, karena dapat mengurangi jumlah kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam buah ini.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search