Tuesday, October 15, 2019

Ketahui Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dalam Keadaan Mentah

Ketahui Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dalam Keadaan Mentah


Di Negara Indonesia, mengkonsumsi makanan mentah mungkin masih menjadi hal yang tidak lazim dilakukan, kecuali lalapan. Tetapi, di beberapa Negara seperti Negara jepang, mengkonsumsi makanan mentah menjadi favorit warga Negara tersebut. Salah satu makanan mentah yang popular di jepang adalah sushi dan sashimi, yang terbuat dari potongan daging mentah. Menurut orang jepang, mengkonsumsi makanan mentah dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh, karena kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut tetap utuh. Sedangkan, bila makanan direbus atau digoreng terlebih dahulu, maka kandungan gizi yang ada didalam makanan itu bisa rusak bahkan hilang. Tetapi, amankah mengkonsumsi makanan mentah ? lalu, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah ? berikut ulasannya.

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi makanan mentah mungkin memiliki kenikmatan tersendiri, terutama makanan - makanan jepang. Tetapi, tidak semua jenis makanan mentah itu bisa dikonsumsi lho. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi dalam keadaan mentah ternyata dapat menimbulkan penyakit. Tetapi, hal ini tergantung dari jenis makanan yang anda konsumsi. Ada makanan yang sebaiknya harus diolah terlebih dahulu, namun ada juga makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pada beberapa jenis makanan, kandungan vitamin-nya dapat hilang jika dimasak atau dipanaskan dalam suhu tinggi. Tetapi, ada juga makanan yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah, yaitu :

1. Kentang

Siapa sih, yang tidak tahu makanan yang satu ini ? kentang merupakan tanaman yang berbentuk umbi - umbian. Kentang biasa diolah menjadi kentang goreng, kripik kentang, dan sebagainya. Tentunya sangat jarang ada orang yang mengkonsumsi kentang dalam keadaan mentah. Selain karena tidak lazim, kentang yang dikonsumsi dalam kondisi mentah memiliki rasa yang pahit dan membuat nafsu makan anda menjadi berkurang, bahkan anda dapat kehilangan nafsu makan. Selain itu, kentang yang belum dimasak, memiliki kandungan pati yang resisten. Kandungan pati ini tidak dapat dicerna oleh tubuh anda, sehingga apabila masuk kedalam tubuh anda, dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hindari pula kentang yang berwarna hijau, karena kandungan racun solaninnya dapat menyebabkan mual dan sakit kepala.

2. Tauge atau kecambah

Kecambah atau tauge sering kita jumpai pada makanan yang sering kita konsumsi seperti pada ketoprak maupun makanan khas yaitu tauge goreng. Pada ketoprak atau tauge goreng, kecambah yang satu ini sudah diolah dengan cara direbus, sehingga aman dikonsumsi. Tetapi, jika tauge dikonsumsi dalam keadaan mentah, ternyata dapat membahayakan kesehatan anda. Hal ini karena tauge mentah menjadi sasaran empuk beberapa bakteri berbahaya seperti salmonella, E. coli dan listeria. Ketiga bakteri tersebut berperan besar menyebabkan berbagai penyakit serius seperti diare, demam, dan kram perut.

3. Kacang merah


Kacang merah sebenarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, apabila dimasak sampai matang. Jika anda mengkonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah, anda harus bersiap - siap menanggung berbagai masalah kesehatan yang akan menghampiri anda. Kacang merah memiliki racun yang disebut phytohaemagglutinin atau lektin. Kandungan racun ini dapat membuat perut anda menjadi mual hingga muntah setelah mengkonsumsinya. Selain itu, anda juga dapat mengalami diare dan nyeri perut jika mengkonsumsi kacang merah tanpa dimasak terlebih dahulu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search