Wednesday, October 9, 2019

Ketahui Penyebab Sakit Dada Saat Bersin

Ketahui Penyebab Sakit Dada Saat Bersin


Setiap orang pasti pernah bersin. Bersin merupakan proses keluarnya udara dari dalam tubuh yang terjadi dengan keras melalui hidung dan mulut. Ketika bersin, beberapa orang sering merasakan sakit pada dada mereka. Rasa sakit pada dada yang dirasakan saat bersin dapat disebabkan oleh berbagai hal. Apabila hal ini terus berulang dan tidak kunjung hilang, sebaiknya anda perlu serius untuk mengatasi rasa nyeri yang terjadi ketika bersin tersebut.


Berikut ini merupakan beberapa penyebab rasa sakit pada dada anda ketika bersin yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Otot tegang

Salah satu penyebab timbulnya rasa nyeri pada dada ketika bersin adalah adanya ketegangan pada otot anda. Biasanya, daerah otot yang mengalami penegangan dan terasa kaku berada pada otot tulang rusuk anda. Ketika ketegangan otot terjadi, kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada dada anda hingga 49%. Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini. Hal ini dikarenakan rasa nyeri pada dada ketika bersin yang disebabkan oleh ketegangan otot akan sembuh dengan sendirinya. Penyebab dari kekakuan atau ketegangan otot ini biasanya berasal dari cedera, terbiasa tidur dengan posisi yang salah, serta sering mengangkat beban berat.


2. Pleuritis

Pleuritis merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika pleura (selaput yang memisahkan paru - paru dengan dinding dada) mengalami peradangan. Ketika pleura mengalami peradangan, anda akan merasakan sesak dan sakit pada dada anda ketika bersin atau batuk. Menurut American family physician, nyeri dada yang disebabkan karena pleuritis ditandai dengan rasa sakit pada dada seperti ditusuk, dan rasa terbakar ketika menghirup napas. Pada kasus tertentu, cairan didalam tubuh akan menumpuk diantara lapisan tersebut dan menyebabkan infeksi. Berikut ini merupakan beberapa penyebab pleuritis yang membuat anda merasakan nyeri dada ketika bersin, yaitu :
  • Bakteri pneumonia
  • Infeksi jamur
  • Darah menggumpal
  • Sel kanker dan tumor
  • Luka dan cedera pada dada


3. Asma

Penyakit asma juga dapat menjadi salah satu penyebab dada terasa sakit ketika bersin. Batuk dan bersin yang terjadi ketika asma, tentunya dapa menyebabkan nyeri dada. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengamati dan mencatat seberapa sering rasa sakit itu muncul. Hal ini tentunya dapat mempermudah dokter dalam mendiagnosis penyakit anda dan menentukan pengobatan yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa gejala asma yang mungkin muncul, diantaranya :
  • Bersin dan hidung berair
  • Hidung tersumbat
  • Mata gatal dan sesak napas
  • Batuk dan terasa nyeri pada dada
  • Merasa lebih lelah dari biasanya


4. Heartburn


Heartburn merupakan sebuah sensasi seperti terbakar yang dirasakan pada bagian dada yang terjadi pada mereka yang mengalami refluks asam lambung. Kondisi ini lebih sering dialami oleh penderita diabetes dan obesitas. Ketika anda bersin atau melakukan sesuatu yang membuat otot anda menegang, asam lambung bisa kembali naik ke kerongkongan, sehingga dada anda terasa sakit seperti terbakar. Oleh karena itu, diperlukan penanganan lebih lanjut dari dokter untuk mengatasi masalah ini.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search