Wednesday, October 9, 2019

Ondansetron : Obat Untuk Mencegah Mual Dan Muntah Akibat Pengobatan Kanker

Ondansetron : Obat Untuk Mencegah Mual Dan Muntah Akibat Pengobatan Kanker


Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering disebut sebagai tumor ganas. Penyakit kanker dapat menyebabkan berbagai gejala yang berbeda, tergantung dari lokasi kanker dan tingkat keganasannya. Penyakit kanker dapat disembuhkan atau dikurangi keganasannya melalui beberapa macam metode pengobatan, seperti operasi, kemoterapi, dan radiasi. Pengobatan penyakit kanker umumnya dapat menyebabkan beberapa gejala atau efek samping seperti rambut rontok, bibir kering, hingga mual dan muntah. Untuk mengatasi berbagai gejala yang timbul akibat efek samping dari pengobatan kanker, anda dapat menggunakan obat ondansetron.

Ondansetron merupakan obat yang digunakan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh pengobatan kanker seperti kemoterapi dan terapi radiasi. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi mual dan muntah yang terjadi setelah operasi. Ondansetron bekerja dengan cara memblokir salah satu substansi natural tubuh yang dapat menyebabkan muntah. Obat ini merupakan obat yang tergolong kedalam jenis obat yang bernama 5-HT3 blockers. Ondansetron merupakan jenis obat yang larut diatas lidah. Obat ini bukan untuk dikunyah atau ditelan seperti tablet lainnya. Obat ini mungkin dikemas atau tersedia dalam bentuk botol atau strip.

Konsumsilah obat ini 30 menit sebelum terapi dimulai untuk mencegah mual yang terjadi akibat proses kemoterapi. Untuk mencegah mual yang terjadi akibat pengobatan radiasi, konsumsilah obat ini 1 - 2 jam sebelum pengobatan dimulai. Untuk mencegah mual setelah operasi, konsumsilah obat ini satu jam sebelum operasi dimulai. Ondansetron merupakan obat yang dapat dikonsumsi dengan makanan maupun tanpa makanan. Tetapi, dokter mungkin akan meminta anda untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum kemoterapi, radiasi, atau operasi. Ondansetron merupakan slaah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ondansetron untuk orang dewasa
  • Dosis oral untuk pencegahan mual dan muntah ringan setelah pengobatan kanker : 8 mg dikonsumsi 30 menit sebelum pengobatan kanker dimulai. Dosis 8 mg harus dikonsumsi lagi setelah 8 jam dari dosis pertama.
  • Dosis oral untuk pencegahan mual dan muntah parah setelah pengobatan kanker : 24 mg dikonsumsi 30 menit sebelum pengobatan kanker.
  • Dosis oral unutk pencegahan mual dan muntah setelah terapi radiasi : 8 mg dikonsumsi 1 - 2 jam sebelum pengobatan radiasi.


Dosis ondanseteron untuk anak - anak

  • Dosis oral untuk pencegahan mual dan muntah ringan : 4 mg dikonsumsi 30 menit sebelum pengobatan kanker dimulai.

Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, ondansetron juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping dari obat ondansetron. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat ondansetron, yaitu :
  • Diare atau sembelit
  • Merasa lemah atau capek
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search