Monday, October 28, 2019

Tips Mencegah Dan Mengatasi Kram Pada Jari Kaki

Tips Mencegah Dan Mengatasi Kram Pada Jari Kaki


Kram merupakan kondisi pengerutan pada otot yang muncul secara tiba - tiba serta dapat menyebabkan nyeri. Kondisi ini dapat terjadi pada otot rangka maupun otot polos. Kram dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa detik, menit, dan paling lama dalam beberapa jam. Kram paling sering menyerang kaki, terutama bagian betis. Hal ini dikarenakan kaki adalah organ tubuh yang paling banyak melakukan aktivitas seperti berjalan dan berlari. Ketika mengalami kelelahan, kaki biasanya mengalami kram pada bagian betis dan menyebabkan timbulnya nyeri. Selain menyerang betis, kram juga bisa terjadi pada jari kaki. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu bila hal ini terjadi ketika anda sedang berjalan maupun berdiri.

Untuk terbebas dari kram jari kaki, terlebih dahulu anda harus mencari tahu penyebabnya. Kram jari kaki saat berjalan biasanya muncul karena anda memakai sepatu yang sempit. Kram jari kaki juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu seperti dehidrasi, cedera otot, arthritis dan sirkulasi darah di kaki yang buruk.


Supaya kondisi ini pulih dengan cepat, anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Kompres dengan air hangat atau air es

Kram menandakan sedang terjadi kekejangan otot pada salah satu anggota tubuh anda, atau pada kasus ini kondisi tersebut sedang menyerang jari kaki anda. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan pengompresan pada kaki anda. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan handuk yang kemudian direndam dalam air panas, lalu tempelkan pada jari kaki yang mengalami kram. Suhu panas diketahui dapat mengurangi ketegangan otot yang terjadi pada kaki anda sekaligus dapat melancarkan aliran darah anda sehingga kondisi in iakan lebih cepat teratasi. Selain menggunakan kompres hangat, anda juga dapat menggunakan es batu untuk meredakan kram.

2. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk meredakan kram, terutama pada kondisi kram yang cukup parah karena arthritis maupun karena cedera. Anda bisa memilih obat aspirin maupun ibuprofen untuk dikonsumsi. Namun, obat aspirin tidak boleh diberikan kepada anak - anak dan tidak boleh untuk penggunaan jangka panjang.

3. Mengkonsumsi air putih

Meskipun jarang, kram juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, anda cukup mengkonsumsi air putih supaya cairan tubuh anda terisi kembali. Cobalah untuk minum segelas air putih sambil beristirahat sejenak hingga kram sembuh.

4. Berikan pijatan lembut pada jari kaki

Anda juga dapat mengatasi kram pada jari kaki dengan cara memberikan pijatan lembut pada jari kaki anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot yang terjadi di jari kaki anda. Pijatlah secara perlahan dengan memberikan tekanan dari tungkai hingga ke pergelangan kaki lalu hingga ke jari kaki anda agar otot tidak lagi kejang.

Tidak hanya cara untuk mengatasi kram saja yang perlu diketahui, anda juga perlu mengetahui cara untuk mencegah terjadinya kram pada jari kaki anda.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah kram, yaitu :
  • Hindari memakai sepatu yang sempit.
  • Banyak mengkonsumsi air putih, terutama ketika sedang berolahraga.
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Lakukan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat otot kaki seperti jalan santau atau jogging.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search