Thursday, November 28, 2019

Clotrimazole : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kulit

Clotrimazole : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kulit


Ketika berbicara tentang jamur, pasti yang ada dibayangan kita adalah semangkuk sup jamur yang hangat dan lezat. Tetapi, kita tidak akan membahas jamur yang sering diolah menjadi makanan. Yang akan kita bahas kali ini adalah jamur yang sering menginfeksi kulit manusia. Jamur dapat tumbuh dimanapun, baik di darat, di air, di udara, dan juga di kulit manusia. Awalnya, jamur yang tumbuh di kulit manusia hanya sedikit, sehingga tidak terlalu menimbulkan masalah. Tetapi, jamur tersebut juga dapat berkembang dan menyebar sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kulit serta dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan seperti munculnya bau yang tidak sedap dan gatal - gatal.


Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Tetapi, yang paling sering menyerang diantaranya adalah :
  • Kutu air (Tinea pedis) : Disebabkan oleh infeksi jamur trichophyton rubrum yang berkembang biak di jaringan kuku yang mati dan lapisan kulit terluar akibat lingkungan yang lembab dan hangat.
  • Panu (Tinea versicolor) : Infeksi jamur kulit yang berupa bercak putih atau kemerahan yang disertai sisik halus dan rasa gatal.
  • Jock its (Tinea curis) : Infeksi jamur tinea yang biasanya terjadi di area kulit yang memiliki lipatan, dan umumnya terjadi di ketiak serta selangkangan.
  • Ringworm (Tinea corporis) : Infeksi jenis ini sering kali menyebabkan kulit menjadi bersisik dan memerah.

Untuk mengatasi berbagai jenis infeksi jamur yang terjadi pada kulit, anda dapat menggunakan beberapa jenis obat - obatan, baik yang berbentuk tablet, kapsul, maupun krim. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah clotrimazole. Clotrimazole merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit seperti kutu air, infeksi jamur pada area selangkangan, kulit bersisik, dan berbagai jenis infeksi jamur lainnya. Clotrimazole merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur. Obat ini hanya boleh digunakan pada kulit. Oleskan obat ini secukupnya saja, untuk menutupi area yang terinfeksi jamur. Clotrimazole merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis clotrimazole untuk orang dewasa

·    Oleskan secukupnya pada area kulit yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari selama 4 minggu.

Dosis clotrimazole untuk anak - anak

·    Oleskan secukupnya pada area kulit yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari selama 4 minggu.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, clotrimazole juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan clotrimazole. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan clotrimazole, yaitu :


  • Mual atau muntah
  • Sakit perut
  •  Gatal - gatal
  •  Sensasi panas atau terbakar di kulit



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search