Thursday, November 28, 2019

Manfaat Hebat Virgin Coconut Oil

Manfaat Hebat Virgin Coconut Oil


Kelapa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Negara - Negara tropis, salah satunya adalah Indonesia. Kelapa juga merupakan salah satu pohon yang hampir seluruh anggota tubuhnya bisa dimanfaatkan, mulai dari daunnya, batangnya, dan juga buahnya. Buah kelapa sendiri bisa diolah menjadi santan dan minyak kelapa. Minyak kelapa yang kita kenal memiliki warna kuning dan sering digunakan untuk memasak. Tetapi, tahukah anda, bahwa ada juga minyak kelapa yang berwarna bening seperti air ? Minyak kelapa yang berwarna bening tersebut dinamakan virgin coconut oil. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat virgin coconut oil.

Sebelum kita bahas lebih jauh, anda perlu mengetahui tentang perbedaan minyak kelapa biasa dengan virgin coconut oil. Perbedaan keduanya terletak pada proses pengolahan atau ekstraksinya. Minyak kelapa biasa diperoleh dengan cara mengeringkan daging kelapa atau kopra dan selanjutnya digiling atau dilakukan kompresi dingin dengan penambahan bahan kimia seperti bahan pelembab sebanyak 6%. Sedangkan virgin coconut oil diolah dengan cara melakukan ekstraksi dari santan kelapa yang masih segar. Proses pembuatan virgin coconut oil pun melalui beberapa tahapan, yaitu fermentasi, churning atau proses pemisahan secara sentrifugal antara santan dan lapisan minyak, pendinginan dan pemberian aksi enzim untuk memisahkan antara minyak dengan air santan yang lembab.


Virgin coconut oil ternyata memiliki beberapa manfaat hebat bagi kesehatan, diantaranya :

1. Mempertajam fungsi kognitif otak

Virgin coconut oil diketahui mengandung asam lemak rantai sedang (MCT). Asam lemak rantai sedang tidak hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan dengan jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme oleh tubuh lebih cepat. Hal ini berarti asam lemak rantai sedang dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Dibarengi dengan melakukan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak dan telah terbukti dapat memberikan efek terapi bagi orang yang menderita kehilangan memori otak, seperti pada penyakit Alzheimer.

2. Membunuh bakteri penyebab virus dan infeksi

Sebanyak 50% asam lemak yang terkandung didalam asam lemak rantai sedang adalah asam laurat. Ketika asam laurat dicerna oleh tubuh, asam lemak ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. Monolaurin diketahui berfungsi dapat membunuh pathogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur. Kedua zat yang terkandung dalam coconut virgin oil ini terbukti mampu membunuh bakteri staphylococcus aureus dan jamur candida albicans. Asam laurat juga diketahui baik untuk jantung anda karena dapat mengurangi total kolestrol serta dapat meningkatkan jumlah kolestrol baik.

3. Mengurangi frekuensi kejang pada anak


Kandungan MCT yang terdapat didalam virgin coconut oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton, lalu dikirim ke otak din digunakan sebagai sumber energi utama. Jika virgin coconut oil dikunsumsi secara rutin dan dibarengi dengan melakukan diet rendah karbohidrat, hal ini dapat meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang menderita epilepsy, bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan dengan obat - obatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search